Cara Jitu Mendeteksi Bakat Anak

AKM • Wednesday, 5 Aug 2020 - 14:33 WIB

Jakarta - Setiap anak dilahirkan dengan bakat yang berbeda-beda. Bakat adalah potensi kemampuan yang dimiliki anak dan bersumber dari dalam diri anak. Oleh karena itu, orangtua harus bisa mendeteksi bakat yang ada di dalam diri anak dan membantu mengembangkannya.

Apabila bakat seorang anak bisa ditemukan dan mendapatkan dukungan dari lingkungan sekitar untuk semakin dikembangkan, maka ia akan menjadi anak berbakat. Jadi, penting bagi setiap orangtua untuk bisa mendeteksi atau mengetahui bakat anak sejak dini. Berikut cara mendeteksi bakat anak sejak dini :

1. Mengamati Ketertarikan Anak Sehari-hari

Mulailah perhatikan aktivitas anak sehari-hari. Hal-hal apa saja yang menarik perhatiannya dan membuatnya senang. Amatilah apa hal yang paling sering dilakukan, dimainkan, dan diperbincangkan.

Seringkali, hal yang menarik minat anak adalah sebuah tanda awal minat dan bakat anak dalam hal itu atau yang terkait dengan itu. Contohnya, jika anak Anda suka sekali bermain bola, maka bisa jadi bakatnya terkait dengan dunia sepak bola. Mungkin ia berbakat jadi pemain sepak bola suatu saat nanti.

2. Perkenalkan Anak dengan Banyak Keterampilan

Cara mengetahui bakat anak biasanya diikuti dengan memperkenalkan anak dengan banyak bidang. Perkenalkan anak, seperti bidang sains, seni, olahraga, teknologi, digital, beladiri, dan lainnya. Jelaskan anak dengan banyak hal-hal positif. Dengan begitu anak akan mengenal banyak hal dan meningkatkan peluang untuk menemukan ketertarikannya.

3. Biarkan Anak Eksplorasi Kemampuannya

Biarkan anak mencoba berbagai hal karena dengan demikian, sebenarnya membuat anak tersebut berusaha menemukan bakat yang ada pada dirinya. Jangan terlalu menekan dan membatasi aktivitas anak karena hal tersebut sama saja dengan menghalangi anak mengeksplorasi kemampuannya.

4. Membiarkan Anak Bersosialisasi

Berikan anak waktu untuk melakukan sosialisasi dan komunikasi dengan teman-temannya. Biasanya, anak-anak saling menunjukkan kemampuan yang mereka miliki. Mereka juga kadang akan saling bercerita tentang kegemarannya dan hal-hal apa saja yang mereka sukai. Bakat dan minat tidak selamanya berkaitan dengan kemampuan dalam bidang akademik maupun dalam hal olahraga, namun juga dari kecakapan dalam berkomunikasi dan berinteraksi.

5. Berikan Pujian dan Hadiah

Ketika anak Anda capai suatu keberhasilan, berilah anak pujian sehingga dia akan merasa bahwa usahanya membuahkan hasil dan mereka tahu bahwa Anda bangga dengan mereka. Anda juga bisa memberi hadiah atas kerja kerasnya. Pujian dan pemberian hadiah bisa meningkatkan motivasi belajar anak.

Nah, itulah lima cara mendeteksi bakat anak sejak dini dan Anda bisa membantu memotivasi sang buah hati untuk #KejarMimpi. (AKM)

 

Okezone.com