Korban Tewas Ledakan Beirut Capai 100 Jiwa

Mus • Wednesday, 5 Aug 2020 - 15:37 WIB

Beirut - Jumlah korban tewas akibat ledakan dahsyat di Ibu Kota Lebanon, Beirut, diperkirakan akan terus meningkat. Petugas penyelamat Lebanon menggali puing-puing mencari korban selamat dari ledakan tersebut.

Kepala Palang Merah Lebanon, George Kettani, mengatakan setidaknya 100 orang telah terbunuh dalam ledakan Beirut.

“Kami masih menyapu daerah itu. Masih ada korban. Saya harap tidak,” katanya seperti dikutip dari Reuters, Rabu (5/8/2020).

Kettani sebelumnya mengatakan kepada penyiar LBCI bahwa Palang Merah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan Lebanon untuk membangun kamar mayat karena rumah sakit kewalahan.

“Ada banyak orang yang hilang. Orang-orang bertanya kepada departemen darurat tentang orang-orang yang mereka cintai dan sulit untuk mencari di malam hari karena tidak ada listrik,” kata Menteri Kesehatan Hamad Hasan.

Ledakan di gudang-gudang pelabuhan yang menyimpan bahan-bahan yang sangat eksplosif itu adalah yang paling kuat selama bertahun-tahun di Beirut. Negara ini baru pulih dari krisis ekonomi dan lonjakan infeksi virus Corona.

Presiden Lebanon Michel Aoun mengatakan bahwa 2.750 ton amonium nitrat, yang digunakan dalam pupuk dan bom, telah disimpan selama enam tahun di pelabuhan tanpa langkah-langkah keamanan, dan dia mengatakan hal itu "tidak dapat diterima".

Para pejabat tidak mengatakan apa yang menyebabkan kobaran api yang memicu ledakan itu. Sebuah sumber keamanan dan media mengatakan itu dimulai dengan pekerjaan pengelasan yang dilakukan di sebuah lubang di gudang.

Rekaman ledakan yang diposting di media sosial menunjukkan asap cendawan naik dari pelabuhan, diikuti oleh ledakan besar, mengirimkan awan putih dan bola api ke langit. Mereka yang merekam kejadian dari bangunan tinggi 2 km dari pelabuhan terlempar ke belakang oleh goncangan.

Orang-orang yang berdarah terlihat berlari dan berteriak minta tolong di awan asap dan debu di jalan-jalan yang berserakan bangunan yang rusak, puing-puing terbang, dan mobil dan furnitur yang rusak.

Ledakan itu terjadi tiga hari sebelum persidangan yang didukung PBB akan memberikan putusan dalam persidangan empat tersangka dari kelompok Muslim Syiah Hizbullah atas pemboman 2005 yang menewaskan mantan Perdana Menteri Rafik al-Hariri dan 21 lainnya.

Hariri terbunuh oleh bom truk besar di tepi pantai yang sama, sekitar 2 km dari pelabuhan.