Pertemuan dengan Kader JKN, BPJS Kesehatan Perkenalkan Chika dan Vika

ANP • Wednesday, 5 Aug 2020 - 21:21 WIB

Jakarta  – Pada masa pandemi Covid-19, BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat tetap memberikan pelayanan kepada peserta dengan memperhatikan protokol kesehatan dan social distancing. Tidak hanya itu, BPJS Kesehatan juga membuat suatu inovasi yang dapat memudahkan peserta, yaitu Chika dan Vika. Hal inilah yang menjadi tambahan informasi bagi para Kader JKN yang bermitra dengan BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat pada saat pertemuan Monitoring dan Evaluasi hari ini.  

“Kader JKN merupakan kepanjangan tangan BPJS Kesehatan untuk melakukan sosialisasi dan edukasi langsung kepada peserta. Melalui mereka, kami dapat menjangkau peserta secara lebih dekat dan lebih mudah. Pada kesempatan kali ini, kami melakukan sosialisasi mengenai Chika dan Vika agar para kader dapat menyampaikan kepada peserta yang ada di wilayah binaan mereka,” tutur Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat, Novi Adriyani Rosalina pada saat pertemuan Monitoring dan Evaluasi Kader JKN yang dilaksanakan di Jakarta Barat pada Rabu (05/08).   

Novi menjelaskan Chika merupakan singkatan dari Chat Assistant JKN dan Vika merupakan singkatan dari Voice Interaktive JKN. Chika merupakan pelayanan informasi dan pengaduan melalui chatting yang direspon artificial intelligence/sistem. Chika dapat diakses melalui media sosial seperti Facebook Messenger (BPJS Kesehatan), Telegram (BPJSKes_bot) dan Whatsapp (08118750400), sementara Vika merupakan layanan informasi menggunakan mesin penjawab untuk mengecek status tagihan dan status kepesertaan dengan menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400.

“Kader JKN yang bermitra dengan kami sudah cukup dikenal di lingkungan binaan mereka, sehingga pemberian informasi kepada peserta cukup efektif dilakukan. Kami berharap dengan adanya inovasi ini, peserta sudah tidak perlu lagi datang ke kantor kami untuk mendapatkan pelayanan. Sehingga, peserta dapat berdiam diri di rumah dan memenuhi kebutuhan akan pelayanan kami melalui telepon mereka masing-masing,” kata Novi.

Novi menunjukkan cara kerja Chika dan Vika serta memberikan contoh langsung kepada para Kader JKN, sehingga para kader dapat mencoba sendiri layanan tersebut. Sehingga, apabila nanti Kader JKN mendapatkan pertanyaan dan melakukan sosialisasi kepada peserta, mereka dapat melakukannya dengan lancar dan tepat. (ANP)