Arahan Presiden Jokowi Memacu Gerakan PKK Bagikan Masker di Seluruh Indonesia

ANP • Thursday, 6 Aug 2020 - 11:17 WIB

Jakarta - Arahan Presiden Jokowi kepada Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) untuk melaksanakan kampanye gerakan penggunaan masker telah memacu semangat ibu-ibu PKK untuk berkontribusi lebih maksimal dalam pembagian masker.

Hal tersebut terlihat ketika dilaksanakan launching gerakan pembagian 2,5 juta masker di Indramayu, Jawa Barat yang dihadiri langsung oleh ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat, Tri Tito Karnavian.

"Presiden Jokowi memerintahkan ibu ibu PKK untuk ikut mendampingi dan menjadi agen sosialisasi kampanye nasional penggunaan masker di seluruh Indonesia," tutur Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat Tri Tito Karnavian saat launching gerakan 2,5 juta masker di Indramayu, Jawa Barat, Rabu (5/8/2020).

Diketahui, pembagian masker secara masif dilakukan untuk memutus rantai penyebaran dan penularan Covid-19 yang juga sejalan dengan gagasan Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Senin (3/8/2020) yang menginstruksikan untuk keterlibatan Tim Penggerak PKK dalam penegakan protokol kesehatan.

"Sebetulnya rencananya saya tidak mungkin berdiri di sini kalau tidak Bapak Presiden memberi perintah bahwa PKK harus ikut membagikan masker ke seluruh Indonesia," ucapnya.

Tri menjelaskan bahwa selain membagikan masker, kegiatan ini juga disertai dengan mengedukasi masyarakat tentang manfaat dan cara menggunakan masker itu sendiri.

"Tidak hanya pembagian masker tapi sosialisasi bagaimana memakai masker yang benar dan apa gunanya untuk pemakai masker tersebut, juga hal lain protokol kesehatan, menjaga jarak, mencuci tangan," imbuhnya.

Tri juga menekankan kader PKK yang terlibat dalam Gerakan ini untuk berhati-hati dalam mensosialisasikan protokol kesehatan dan penggunaan masker. Utamanya, dengan cara mengedukasi masyarakat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan itu sendiri.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat Tri Tito Karnavian bersama Mendagri Tito Karnavian memberikan bantuan masker secara simbolis kepada Ketua TP PKK Indramayu Umirah Taufik Hidayat untuk dibagikan kepada masyarakat.

Saat penyerahan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beserta Ketua TP PKK Jawa Barat Atalia Praratya Kamil ikut hadir. Hadir pula Pelaksana Tugas Bupati Indramayu Taufik Hidayat beserta pejabat Forkopimda Kabupaten Indramayu.  Setelah itu Ketua TP PKK Tri Tito Karnavian membagikan bantuan masker langsung kepada warga di Kampung Nelayan Indramayu  didampingi Mendagri Tito Karnavian. (ANP)