Pemerintah Siapkan Utangan Tanpa Bunga Untuk Rumah Tangga

Mus • Thursday, 6 Aug 2020 - 13:01 WIB

Jakarta - Pemerintah terus memberikan berbagai program bantuan bagi masyarakat yang terdampak pandemi covid-19.

Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo mengatakan pemerintah berencana memberikan akses pinjaman yang murah bagi para ibu rumah tangga.

"Rencananya ada bansos yang terbaru, kita ingin memberikan kredit tanpa bunga ke rumah tangga alias keluarga," ujar Yustinus seperti dikutip SINDOnews.com, Kamis (6/8/2020).

Dia melanjutkan pinjaman tanpa bunga untuk rumah tangga ini sedang disiapkan seperti bantuan untuk 13 juta pegawai bergaji di bawah Rp 5 juta per bulan. Namun, untuk detailnya masih digodog di lingkungan Kementerian Keuangan. "Akan ada skema pinjaman untuk rumah tangga tanpa bunga sehingga bisa diakses, itu yang sedang disiapkan," jelasnya.

Sebagai informasi, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bakal menambah bantuan sosial (Bansos) guna menyokong ekonomi dalam negeri di paruh kedua tahun ini. Bila ditotal, tambahan bansos itu mencapai Rp 70,6 triliun. Ada empat bansos baru yang akan diberikan di periode September sampai Desember 2020.

Bansos pertama itu yang produktif sebesar Rp 30 triliun untuk 12 juta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kelas mikro dan ultra mikro. Bansos kedua yakni bansos dalam bentuk beras sebanyak 15 kilogram per kepala keluarga, untuk 10 juta penerima program keluarga harapan (PKH) dengan anggaran Rp4,6 triliun.