Manfaat Air Kelapa Bagi Penderita Covid-19 dengan Komorbid

ADM • Thursday, 6 Aug 2020 - 15:14 WIB

JAKARTA - Penyakit penyerta akan menambah tingkat keparahan pasien Covid-19. Konsumsi air kelapa muda secara rutin diketahui memberikan manfaat kesehatan bagi pasien dengan penyakit penyerta.

Usia dan penyakit penyerta, diketahui menyebabkan individu rentan terhadap virus corona. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyebutkan bahwa banyak pasien dengan penyakit penyerta yang mendapat perawatan di rumah sakit. Pasien dengan penyakit penyerta ini juga 12 kali lebih mungkin meninggal akibat Covid-19 dibanding pasien lain yang tidak memiliki penyakit penyerta (komorbid).

Komorbid adalah penyakit yang sejak awal memang sudah diderita pasien. Baik terjadi karena pola hidup tidak sehat maupun lantaran riwayat penyakit keturunan. Dikutip dari Covid19.go.id, penyakit penyerta yang rentan terhadap Covid-19 ini diantaranya hipertensi, diabetes melitus, penyakit jantung, gagal ginjal, stroke dan kanker.

Hipertensi misalnya, ditemukan pada pasien virus corona sebanyak 50,5%; diabetes melitus 34,4%, penyakit jantung 19,9%, sementara pasien covid-19 dengan komorbid penyakit paru obstruktif kronis sebesar 10,1%.

 

Sumber: SINDOnews.com