Gerakan Pembagian Masker dinilai Tepat

ANP • Friday, 7 Aug 2020 - 14:02 WIB

JAKARTA - Presiden Jokowi mengarahkan PKK Seluruh Indonesia untuk melakukan gerakan pembagian masker. Menindaklanjuti arahan Ini, Ketum Tim Penggerak PKK Pusat, Tri Tito Karnavian melakukan aksi cepat. Hal ini ia lakukan dengan membagikan ribuan masker di Johar Baru Jakarta . Dilanjutkan dengan menghadiri peresmian pembagian 2.5jt masker bersama Pemda Indramayu (5/8/20).

Mencermati hal ini, Varhan Abdul Aziz, Sekretaris Eksekutif Indonesia Bureucracy and Service Watch (IBSW), memberikan tanggapannya.

"Keputusan Jokowi ini tepat , karena melibatkan satuan Ibu - ibu PKK yg memiliki jaringan  kuat sampai ke kader Tingkat RT. Artinya, gerakan pembagian masker dapat menjadi masif dan tepat sasaran," ujar Varhan

Varhan mengatakan apresiasinya juga kepada Ketua Umum PKK yg bergerak cepat. 

"Sehabis diperintahkan Presiden , langsung bergerak," tandasnya

"Kenapa harus PKK? Karena kader2 ini terbukti berhasil mendampingi masyarakat. Program pendampingan BPJS, Posyandu, Posbindu, dan berbagai program lain , sangat menyentuh masyarakat dan ini juga didukung oleh PKK," ujarnya.

Lebih lanjut Varhan menyampaikan, unsur terdekat dengan keluarga adalah ibu, mereka juga aktif bersosialisasi dengan lingkungan kala ayah mencari nafkah. 

"Maka seluruh Kementerian  dan Lembaga serta SKPD harus juga melibatkan Dharma Wanita, Persit , Bhayangkari dan organisasi kewanitaan lainnya," usul Varhan.

Senada dengan Varhan, dukungan juga disampaikan Nurchasanah, Ketua Umum Aliansi Mahasiswa dan Milenial Indonesia (AMMI).

"Sebagai seorang Mahasiswi Pascasarjana UIN, yg juga aktivis dan akan menjadi ibu, saya salut dengan gerakan Ketua Umum TP PKK ini yang langsung total action jalankan arahan Presiden Jokowi," ujar Nurchasanah

"Arahan Presiden memang tepat, tapi jika tidak ditindaklanjuti ya percuma, nah ini publik melihat Ibu Ketum TP PKK Tri Tito Karnavian mampu menggerakkan PKK. Walau ini tahap awal tapi dengan teladan yang ditunjukkan menjadi baik sekali." Nurkhasanah yakin Gerakan ini akan membesat seperti bola salju," tegasnya.  (ANP)