Cegah Penularan Corona, Satgas: Pekerja Jangan Terlalu Lama Ngantor!

Mus • Friday, 7 Aug 2020 - 18:20 WIB

Jakarta -Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan virus Corona (Covid-19) berpotensi menyebar di ruangan tertutup yang sirkulasi udaranya buruk.

Karena itu, dia mengimbau para pekerja disarankan tidak berlama-lama berada dalam kantor dan harus lebih sering mendapatkan udara yang baru.

"Jadi disarankan kalau rapat atau berkantor itu tidak terlalu lama didalam satu ruangan tertutup, harus bersikulasi udara, keluar masuk, tetap jaga jarak," ujar Wiku dalam diskusi bertajuk "Identifikasi Klaster Baru dan Cara Penularan" secara virtual, Jumat (7/8/2020).

Wiku berujar, jika seseorang berada di ruang tertutup artinya jumlah udara yang didapat di dalam tidak terperbaharui secara signifikan. Apalagi jika sirkulasi udaranya buruk. Sementara jumlah orangnya cukup padat.

"Otomatis juga akan terjadi potensi sirkulasi udara di situ kalau ada yang tertular itu sangat mudah sekali (menyebarnya)," tukasnya.

Sebagaimana diketahui, penularan virus corona di perkantoran sedang menjadi sorotan. Bahkan sejumlah kantor ditengarai menjadi kluster Covid-19. Di era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) masyarakat sudah bisa kembali bekerja namun harus tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.