MPR Akan Gelar Sidang Tahunan dengan Protokol Kesehatan

Mus • Friday, 7 Aug 2020 - 22:54 WIB

Bandung - Jelang Sidang Tahunan MPR RI, 14 Agustus 2020  Biro Humas MPR menyelenggarakan Media Expert Meeting, di Bandung, Jawa Barat, Jumat (7/8). Tema yang dibahas pada acara tersebut adalah Sidang Tahunan MPR : Konvensi Ketatanegaraan Dalam Rangka Laporan Kinerja Lembaga Negara.

Tiga orang Pimpinan MPR menjadi narasumber acara tersebut. Ketiganya adalah Ketua MPR, Bambang Soesatyo, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid,  serta Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad. Ikut hadir pada acara tersebut Kepala Biro Humas MPR Siti Fauziah, serta Kepala Bagian Pemberitaan, Hubungan Antarlembaga dan Layanan Informasi Budi Muliawan.

Pada sesi diskusi, berbagai harapan disampaikan oleh para peserta. Intinya, para peserta berharap, sidang tahunan tidak sekedar menjadi rutinitas saja. Apalagi, pelaksanaan sidang tahunan kali ini bertepatan dengan pandemi Covid 19. Mereka berharap pidato pimpinan lembaga negara, terutama Presiden RI, memberi harapan kepada rakyat khususnya menyangkut persoalan pendidikan, ekonomi dan pengangguran yang terus meningkat. 

Menjawab harapan tersebut Ketua MPR Bambang Soesatyo antara lain  menegaskan, pelaksanaan Sidang kali ini tidak dilakukan sebagaimana lazimnya. Kali ini sidang tahunan MPR dilaksanakan di tengah pandemi Corona. Karena itu, selama sidang akan diberlakukan protokol kesehatan yang sangat ketat. Termasuk pembatasan jumlah peserta yang boleh masuk ke ruang sidang. 

"Pandemi Corona sudah menyebabkan kontraksi bahkan kejatuhan berbagai lapangan usaha, kecuali teknologi dan pertanian. Ini mengingatkan bahwa masa depan Indonesia bukan di kota tapi di desa, dan sekarang banyak pengusaha mulai melirik desa dan pertanian," kata Bamsoet menambahkan. 

Selain pertanian, kata Bamsoet saat ini juga semakin banyak pengusaha yang melirik usaha kerajinan. Salah satunya adalah sektor perbatikan. Bahkan beberapa waktu terakhir, volume ekspor batik ke luar negeri terus bertambah. 

Sementara itu Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad berharap Presiden Joko Widodo bisa menyampaikan pidato  yang luar biasa. Yaitu, pidato yang mampu memberikan harapan dan semangat kepada seluruh masyarakat. 

"Kalau penanganan kita terhadap Corona, itu biasa-biasa saja, saya khawatir,  akhir tahun nanti kita akan menghadapi situasi yang tidak menyenangkan. Apalagi, saat ini saja belanja negara masih sangat kurang. Hingga Agustus ini baru 30 persen, dan kalau tidak ada upaya yang luar biasa ini bisa sangat mengkhawatirkan," kata Fadel lagi. 

Harapan serupa disampaikan Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid. Momen sidang tahunan, menurut Hidayat, harus menjadi momen untuk mengabarkan kebaikan dan kebahagiaan bagi seluruh masyarakat. Juga membangun dan mengobarkan semangat untuk kembali bangkit dan melakukan perbaikan.

"Corona berhasil memaksa banyak orangtua beli handphone agar anaknya bisa tetap belajar. Padahal,  dalam kehidupan sehari-hari kebutuhan terhadap handphone belum mendesak," kata Hidayat menambahkan. 

Pada kesempatan itu, Hidayat mendukung rencana pemberian honor sebesar Rp 600.000 bagi pegawai yang memiliki gaji di bawah Rp 5 juta. Namun, Hidayat juga mengingatkan Presiden terhadap janji-janji yang tak kunjung ditepati. Salah satunya janji memberikan insentif kepada  tenaga medis yang menjadi pejuang terdepan menghadapi Corona. Karena janji-janji, itu juga harus dipenuhi. 

"Daripada menimbulkan keributan, lebih baik  anggaran Program Organisasi Penggerak (POP) digunakan untuk membantu membeli pulsa. Dan untuk meningkatkan penyerapan anggaran negara, perlu dipikirkan bantuan kepada para guru honorer. Mereka sudah bertahun-tahun mengabdi, tapi gaji yang diterima masih memprihatinkan. Kalau program tersebut dilakukan, niscaya pemulihan ekonomi sebagai  imbas Corona bisa segera menemukan hasilnya," kata Hidayat lagi. 

Diakhir acara, Kepala Biro Humas MPR  Siti Fauziah berharap kerjasama yang baik dengan media bisa dilanjutkan, termasuk pada pelaksanaan Sidang Tahunan MPR. Karo Humas MPR meminta media massa berpartisipasi dalam menginformasikan sidang tahunan kepada masyarakat. Karena sidang tahunan ini akan menjadi wajah Indonesia di mata dunia. 

"Mohon kerjasamanya, kawan-kawan media berkenan memberitakan Sidang Tahunan MPR ini. Karena pemberitaan Sidang Tahunan yang baik akan ikut meningkatkan citra Indonesia di mata dunia," kata Siti Fauziah menambahkan. (Jak)