64.555 Siswa-Siswi Ikuti Kompetisi KIHAJAR STEM 

AKM • Monday, 10 Aug 2020 - 06:25 WIB

Jakarta - GEN KIHAJAR adalah sebutan bagi siswa-siswi yang turutserta dalam Kompetisi “Kita Harus Belajar” (KIHAJAR). Formula baru yang digunakan dalam kompetisi KIHAJAR di tahun 2020 ini bertujuan mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan memiliki kompetensi abad 21.

Sebagai tindak lanjut program tersebut, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakam KIHAJAR STEM BASIC merupakan proses tahap awal dalam pelaksanaan KIHAJAR STEM bagi seluruh jenjang pendidikan melalui pendayagunaan teknologi informasi dankomunikasi berbasis Sciences, Technology, Engineering, and Mathematics. Tujuan pelaksanaan KIHAJAR STEM BASIC yaitu sebagai seleksi tahap pertamadalam rangkaian pelaksanaan KIHAJAR STEM. 

Plt. Ketua Pusdatin  Kemendikbud M. Hasan Chabibie memgatakan, pelaksanaan KIHAJAR akan menciptakan GEN KIHAJAR yang memiliki karakter Mandiri, Bernalar kritis, kreatif, gotong royong, berakhlak mulia dan kebhinekaan global sebagai wujud dari Pelajar Pancasila.

Hasan Mengatakan, ditengah Pandemi COVID-19, KIHAJAR STEM BASIC diikuti sebanyak 64.555 Peserta didik dari jenjang SD, SMP, SMA, SMK. 

“Peserta terdiri dari 63.635 pelajar dari seluruh wilayah Indonesia dan 920 peserta berasal dari Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN),” ungkapnya disela-sela acara Kompetisi KIHAJAR  STEM BASIC, di Jakarta, Minggu. (9/8/2020).

Hasan menjelaskan, Tingginya animo GEN KIHAJAR dalam mengikuti KIHAJAR STEM BASIC diharapkan dapat menjaga nyala api pendidikan di Indonesia. 

“KIHAJAR STEM BASIC dilaksanakan secara daring sebagai bagian dalam rangka meningkatkan kemampun literasi khususnya pemanfaatan Teknologi dalam pembelajaran,” harapnya.

Peserta mengerjakan soal sebanyak 20 soal denganmateri terdiri dari Sciences, Technology, Engineering, and Mathematics. Peserta akan mengerjakan soal melalui aplikasiQUIZIZZ dengan durasi waktu mengerjakan selama 90 Menit. Setiap soal memiliki durasi waktu mengerjakan berbeda dengan soal lain, tergantung dari tingkat kesulitan soal.

Pendaftaran KIHAJAR STEM BASIC telah dibuka melaluilaman tve.kemdikbud.go.id. sejak KIHAJAR tahun 2020 di luncurkan (Launching) pada tanggal 23 Juli 2020 yang bertepatan denga Hari Anak Nasional. Tahapan pelaksanaan KIHAJAR STEM BASIC  telah dimulai pada hari Minggu kemarin dengan dasar penilaian berdasarkan presentase akurasi jawaban. Meteka yang lolos pada  tahap pertama akan mengikuti KIHAJAR STEM Intermediate yang diselenggarakan pada Minggu, 23 Agustus2020.

Hasan  mengharapkan , tingginya animo GEN KIHAJAR dalam mengikuti KIHAJAR STEM BASIC diharapkan dapat menjaga nyala api pendidikan di Indonesia.  KIHAJAR STEM BASIC dilaksanakan secara daring sebagai bagian dalam rangka meningkatkan kemampun literasi khususnya pemanfaatan Teknologi dalam pembelajaran. 

“Melalui pelaksanaan KIHAJAR akan menciptakan GEN KIHAJAR yang memiliki karakter Mandiri, Bernalar kritis, kreatif, gotong royong, berakhlak mulia dan kebhinekaan global sebagai wujud dari Pelajar Pancasila,”  pungkasnya. (AKM)