Sambut Momentum 75 Tahun Kemerdekaan RI, Jurnalis Jelajah Indonesia Serukan Tetap  Semangat di Tengah Pandemi

Mus • Friday, 14 Aug 2020 - 12:12 WIB

Jakarta - Semangat menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-75 tidak terasa surut meski dirayakan di tengah pandemik. Jurnalis Jelajah Indonesia (JJI) menyambut momentum ini dalam bentuk program aksi sosialisasi kenormalan baru di masa pandemi Covid 19 dengan mengajak masyarakat dan sejumlah stakeholder untuk berpartisipasi di dalamnya.

"Program ini sebagai suatu upaya melawan penyebaran virus Corona di masyarakat dengan terus menyuarakan kampanye penggunaan masker bila ke luar rumah, menerapkan physical distancing (jaga jarak), serta rajin cuci  tangan mengunakan sabun maupun hand sanitizer," kata Ketua JJI, Firman Wibowo.

Aksi yang bertajuk "Touring Kemerdekaan Goes to Bandung DX Jakarta" ini akan berlangsung pada 15-17 Agustus 2020. Sementara pada puncaknya di hari Senin, 17 Agustus 2020, akan digelar 'Sosialisasi New Normal Covid-19' dengan konvoi kemerdekaan bersama rombongan Bajaj dan Bemo yang pastinya akan menerapkan protokol kesehatan dan keselamatan yang telah ditetapkan pemerintah.

Satu kegiatan istimewa lainnya di hari yang sama adalah webinar pembacaan dongeng untuk para siswa Sekolah Dasar yang dapat diikuti lewat link zoom, langsung dari Taman Bermain di Lingkungan RW 015 Kelurahan Grogol Utara Kebayoran lama, Jakarta Selatan. 

Sarat dengan semangat perayaan kemerdekaan di era kenormalan baru, rangkaian kegiatan ini akan melibatkan 60 siswa dalam webinar dongeng via zoom, berikut 5 kendaraan Bemo dan 15 unit Bajaj dalam touring kemerdekaan keliling Jakarta, serta sedikitnya 30 peserta komunitas Toyota DX Jakarta. Touring mengambil start dari Cibubur menuju Pangalengan dan sekitaran Bandung, Jawa Barat untuk program Goes to Bandung DX Jakarta.

"Kegiatan JJI dalam menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-75 kali ini, diharapkan dapat memantik semangat agar kita semua tidak menyerah dalam menghadapi pandemi yang melanda Indonesia dan dunia," tukas Firman. (Mus)