DPR Apresiasi Penemuan Obat Covid 19 Hasil Anak Bangsa

AKM • Sunday, 16 Aug 2020 - 12:44 WIB

Jakrta - Harapan penemuan obat atau vaksin covid 19 terus dimunculkan. Hal ini karena menjadi penentu berakhirnya anka kematian akibat covid 19. Indonesia sebagai salah satu negara penyumbang kasus covid 19  juga melakukan serangkaian penelitian dan berhasil dilakukan.

Anggota Komisi I DPR RI Sukamta mengatakan, penemuan obat Covid-19 yang telah lolos uji klinis fase 3, hasil kerja sama TNi AD, BIN dan Tim Kedokteran Unair sebuah langkah luar biasa.

Obat ini menjadi terobosan luar biasa bagi proses penyembuhan pasien Covid-19 dan merupakan temuan pertama di dunia oleh putra-putri terbaik negri ini," kata Wakil Ketua Fraksi PKS ini, usai menyaksikan penyeraahan uji klinis fase 3 dari Unair ke Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, di Mabesad, Sabtu (15/8/2020) lalu.

Ini bukan vaksin, lanjut Sukamara, tetapi obat yang sudah diuji cobakan ke pasien-pasien positif covid dengan kesembuhan yang memuaskan. Selanjutnya temuan ini akan dimintakan verifikadi dan ijin edar dari BPOM agar selanjutntan bisa dibolehkan diproduksi masal

"Kami mengapresiasi kerja keras dan spartan seluruh tim dan kita bersyukur dan bangga atas prestasi ini," ujar Sukamta.

Sukamta mengatakan, ini juga menjadi kado terbaik 75 tahun kemerdekaan RI. "Selanjutnya kami berharap BPOM bisa memberikan verifikasi secepatnya sesuai prosedur yang ada dengan waktu yang diperpendek sehingga bisa membantu masyarakat banyak.

Sekali lagi, selamat kepada semua pihak," tutup legislator Dapil Yogyakarta ini. (AKM)