Kemensos Gelar dan ikuti Rangkaian Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-75

ANP • Monday, 17 Aug 2020 - 22:11 WIB

JAKARTA - Kementerian Sosial menyelenggarakan upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-75, dalam masa pandemi covid-1. Upacara diselenggarakan dengan mematuhi protokol kesehatan di halaman parkir kantor Kementerian Sosial, Jalan Salemba Raya 28, Jakarta.

Upacara berlangsung pagi hari, jam 07.30, yang dilaksanakan dengan khitmad sebelum “Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75” di Istana Negara. Upacara Detik-detik HUT Kemerdekaan RI di Istana Negara, yang diikuti Mensos dan jajaran pejabat eselon I secara virtual dengan baju adat daerah, sementara seluruh jajaran dan ASN kemensos lainnya mengikuti melalui siaran langsung media elektronik, di tempat masing-masing.

Adapun peserta upacara di halaman parkir kantor Kemensos, dibatasi hanya 2 orang untuk setiap unit kerja, atau total sebanyak 45 orang, dan formasi petugas dan pendukung acara 17 dan 8 orang. “Sebelum mengikuti upacara, setiap peserta dipastikan harus sehat, diukur suhu badannya, mengenakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,”kata Menteri Sosial Juliari P. Batubara, di Jakarta (17/08).

Peringatan dan Upacara Hari Ulang Tahun  ke-75 Kemerdekaan RI di Kemensos dilaksanakan mengacu Surat Menteri Sekretaris Negara Nomor: B-492/M.Sesneg/Set/TU.00.04/07/2020 tanggal 6 Juli 2020 perihal pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun RI ke-75.

Pada intinya, surat dari Sesneg memastikan tata cara pelaksanaan upacara “Peringatan dan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75” dan penurunan bendera Sang Merah dilakukan secara virtual sesuai dengan protokol kesehatan dalam menghadapi pandemi Covid-19. Upacara di instansi baik pusat maupun daerah disesuaikan dengan kondisi masing masing.

Sekretaris Jenderal Hartono Laras menyatakan, upacara pengibaran bendera di Kantor Kemensos dipimpin oleh Irjen Kemensos Dadang Iskandar hadir sebagai pembina upacara. “Upacara berlangsung dengan khidmat. Dilaksanakan sebagai wujud rasa syukur untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan kusuma bangsa, sebagai sumber motivasi dalam mewujudkan cita2 proklamasi kemerdekaan RI,” katanya.

Pada kesempatan berbeda, ASN Kemensos di daerah termasuk di Unit Pelaksana Teknis (UPT) di seluruh pelosok tanah air, juga diwajibkan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan “Peringatan dan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75” dan penurunan bendera Sang Merah Putih melalui siaran langsung televisi nansional.   

Dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia, Presiden Joko Widodo pada malamnya 17 Agustus memimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU), Kalibata, Jakarta, pukul 00.00 Senin (17/8).

Presiden selaku Inspektur Upacara menyampaikan penghormatan tertinggi kepada 10.102 pahlawan yang telah mengabdi dan mengorbankan jiwa raga untuk membela Tanah Air. Acara juga dihadiri oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menteri Sosial Juliari P. Batubara, dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju. (ANP)