Joe Biden Resmi Ditunjuk Sebagai Calon Presiden AS dari Partai Demokrat

AKM • Wednesday, 19 Aug 2020 - 11:49 WIB

MANTAN Wakil Presiden Joe Biden secara resmi ditunjuk sebagai calon presiden dari Partai Demokrat pada malam kedua konvensi nasional partai tersebut, Selasa (18/8/2020). Dengan penunjukan itu, Biden dan pasangannya calon Wakil Presiden Kamala Harris, akan berhadapan dengan Presiden Donald Trump dalam Pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS) pada 3 November 2020.

Hasil jajak pendapat menunjukkan Biden unggul dari Trump, hanya beberapa bulan menjelang pilpres.

Pencalonan Biden ini dibantu dengan beberapa testimoni cemerlang dari negarawan senior AS. Dua mantan presiden Partai Demokrat AS, Bill Clinton dan Jimmy Carter, dan mantan Menteri Luar Negeri Colin Powell, seorang Republikan, mendukung Biden.

Ini adalah upaya ketiga Biden untuk duduk di Ruang Oval Gedung Putih, kantor presiden AS. Penobatannya sebagai calon dari Partai Demokrat mewakili perubahan haluan yang luar biasa mengingat kampanyenya tampaknya terancam gagal pada Februari.

Presiden ke-42 AS, Bill Clinton pada Selasa menyampaikan pidato kunci bertema "kepemimpinan penting", sebagai dukungannya bagi Biden. Clinton juga menyerang Trump yang menurutnya telah membawa “kekacauan” ke Ruang Oval.

https://img-z.okeinfo.net/okz/500/library/images/2020/08/19/09z3g6t2fsl96vqfctoe_12292.jpg

Bill Clinton menyampaikan pidato pada Konvensi Partai Demokrat 2020. (YouTubeJoe Biden)

"Donald Trump mengatakan kita memimpin dunia," kata Clinton dalam pesan lima menit yang direkam sebelumnya dari rumahnya di Chappaqua, New York. "Ya, kita adalah satu-satunya ekonomi industri besar yang tingkat penganggurannya tiga kali lipat.

"Pada saat seperti ini, Ruang Oval seharusnya menjadi pusat komando. Sebaliknya, ini adalah pusat badai. Yang ada hanya kekacauan," ujarnya sebagaimana dilansir BBC.

Menyusul pidato dari mantan Ibu Negara Michelle Obama dan Senator Bernie Sanders pada Senin (17/8/2020), pidato Selasa bertujuan untuk menunjukkan kepada para pemilih bagaimana Partai Demokrat paling cocok untuk memperbaiki masalah di dalam dan luar negeri.

Konvensi akan berlanjut pada Rabu (19/8/2020) dan Kamis (20/8/2020), dengan pidato dari calon wakil presiden Senator Kamala Harris, mantan calon presiden Hillary Clinton dan mantan Presiden Barack Obama. Malam keempat akan diakhiri dengan pidato penerimaan dari Biden.

Konvensi politik tahun ini dilakukan secara virtual, dengan segmen langsung dan rekaman sebelumnya dari seluruh negara, karena masalah kesehatan akibat pandemi Covid-19. (AKM)

 

Okezone.com