Rektor Untar Dorong Mahasiswa Hasilkan Karya  Bermanfaat Bagi Masyarakat.

AKM • Tuesday, 1 Sep 2020 - 06:04 WIB

Jakarta - Yayasan Tarumanagara kembali melantik Prof. Dr. Ir Agustinus Purna Irawan sebagai Rektor Universitas Tarumanagara (Untar) periode kedua (2020-2024). Yayasan Untar menunjuk Agustinus sebagai calon tunggal rektor, salah satunya karena mempertimbangkan kondisi pandemi covid-19 dan prestasi yang telah dicapainya selama periode kepemimpinan sebelumnya.

Pada saat menjabat di periode pertama, Guru Besar Teknik Mesin Untar ini telah berhasil menaikkan peringkat Untar ke posisi ke-31 sebagai Perguruan Tinggi terbaik Nasional. Selain itu juga peringkat ke-7 sebagai Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Nasional yang diumumkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 17 Agustus 2020 lalu. 

 

Agustinus mengatakan, akan memberi prioritas pada peningkatan peran Untar di kancah nasional hingga internasional. "Kami mau Untar jadi universitas unggul di Asia, kami sudah punya indikator pencapaiannya.  Target lima besar PTS terbaik nasional, 20 besar perguruan tinggi terbaik nasional, peringkat 400-500 atau lebih kecil lagi dari itu di Asia," sebut Agustinus dalam Sambutan Pasca Pelantikan Menjadi Rektor Untar, Jakarta, Senin (31/8/2020).

Agustunus menargetkan peningkatan kolaborasi dengan Pemerintah Daerah dalam penyelenggaran beasiswa Pendidikan Tinggi, pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pembinaan UKM/UMKM.  Selain itu pengembangan potensi daerah melalui kerja sama yang saling menguntungkan.

 

Dengan Program Kampus Merdeka yang sudah dijalankan di Untar, Agustinus juga akan mendorong sivitas akademika agar dapat menghasilkan karya-karya akademis yang dapat langsung membawa manfaat bagi masyarakat luas. "Kita juga ingin membangun inovasi dan hilirisasi riset, inkubator bisnis di 2020-2024.  Tidak hanya statis, tapi menyentuh masyarakat banyak," jelasnya.

 

Sekaligus menjalankan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada awal tahun 2020. Untar juga akan berfokus pada program internasionalisasi.  Di antaranya dengan membangun kolaborasi, pertukaran dosen dan mahasiswa, double degree, kelas internasional, dan memperbanyak jumlah mahasiswa asing.

“Untar memiliki potensi besar untuk dapat menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik di Tanah Air, dengan pendidikan mengacu internasional dengan tetap mengembangkan potensi dan kearifan lokal serta karakter budi luhur berlandaskan Pancasila,” ujar Rektor Terbaik Perguruan Tinggi Swasta Nasional tahun 2019

 

Disisi lain, ditempat yang sama Ketua Pengurus Yayasan Tarumanagara Gunardi menyampaikan, harapan bagi Rektor dan Wakil Rektor terpilih untuk membawa Untar semakin jaya dan maju. ”Yayasan Tarumanagara berharap kepada Rektor dan Wakil Rektor terpilih agar mampu membawa terobosan dan perubahan bagi Untar, terutama dalam menghadapi dan mengimplementasikan kebijakan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar dalam keseharian Untar. Serta membawa Untar menuju internasionalisasi,” terangnya. ( AKM)