Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Gandeng MNC Group Gelar ICTM di 5 Kota

Mus • Tuesday, 1 Sep 2020 - 16:02 WIB

Jakarta – MNC Group turut berpartisipasi dalam gelaran Indonesia Corporate Travel and MICE (ICTM) yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan PT Biztrips Teknologi Multimedia Solusi. Direktur Corporate Secretary MNC Group Syafril Nasution menyambut baik dan siap mendukung perhelatan ICTM ini. Pihaknya akan intens menyampaikan informasi kegiatan ini ke masyarakat.

"Ini kegiatan yang baik sekali dan MNC Media ingin membantu mempromosikan kegiatan ini karena perlu ada pemberitaan dan perlu ditayangkan di TV, diinformasikan melalui radio, portal online, dan koran," ujarnya, di Jakarta, Selasa (1/9/2020).

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Events) Kemenparekraf, Rizki Handayani mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan guna membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak pandemi Covid-19. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk menggerakan kembali perekonomian dengan memanfaatkan kegiatan Meeting, Incentive, Convention, Exhibition (MICE) domestik yang telah mulai aktif kembali. 

ICTM merupakan kegiatan business to business  untuk corporate travel dan Industri MICE di masa tatanan kenormalan baru, yang akan diselenggarakan di 5 kota, yaitu Jakarta, Bogor, Bali, Yogyakarta, dan Malang, mulai pertengahan September sampai dengan akhir Desember 2020. Kegiatan ini akan menampilkan lima program utama antara lain talkshow, seller workshop, buyers meet sellers, buyers exchange forum, gala dinner serta post tour.

Pada pelaksanaan tahun ini, fokus utama ICTM lebih kepada program business to business yang akan mempertemukan 30 buyers dari korporat besar di Indonesia dengan 30 sellers dari penyedia jasa MICE di Indonesia. Kegiatan ini juga bekerja sama dengan MNC Group sebagai media partner yang bertanggung jawab dalam melakukan peliputan, produksi dan publikasi sebelum, selama, dan sesudah pelaksanaan kegiatan ICTM berlangsung.

Rizki berharap pelaksanaan ICTM tahun ini dapat menjadi salah satu motivasi positif kepada Industri MICE di Indonesia untuk tetap optimis dan terus produktif di masa yang tidak menentu saat ini. Selain itu juga diharapkan pelaksanaan ICTM dapat menjadi ajang untuk membangun kapasitas dan kapabilitas stakeholders MICE yang terlibat dengan saling berdiskusi dan meningkatkan networking untuk mendapatkan new insights, sehingga dapat saling berkolaborasi.

“Selain itu, kita ingin menjadikan sektor MICE kembali bangkit dan menjadikan Indonesia sebagai destinasi MICE yang aman, nyaman dan memiliki value proposition yang dapat memenangkan persaingan di dunia internasional,” katanya. 

Sementara itu, Founder & Event Director Indonesia Corporate Travel and MICE Johanes Chang berharap ICTM dapat menjadi platform yang baik bagi semua key stakeholders untuk saling terhubung, saling berbagi, saling belajar, dan saling mendukung pertumbuhan bisnis, serta bersama-sama mengakselerasi kembalinya pertumbuhan ekonomi di sektor pariwisata Indonesia. “Dukungan dan kerja sama dari pihak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta MNC Media Group selaku official media partner di Indonesia sangatlah penting dan berarti untuk platform dan program kami, juga bagi seluruh rekan-rekan kami di industri,” kata Johanes Chang. (mus)