Pengamat: Penunjukan Ery-Armuji Bukti Kekuatan Risma di PDIP

Mus • Wednesday, 2 Sep 2020 - 15:12 WIB

Surabaya - PDIP  akhirnya memiilih Ery Cahyadi - Armudji untuk menjadi calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya dalam pilkada 9 Desember mendatang. Pengumuman ini disampaikan langsung Ketua DPP Puan Maharani secara virtual.

"Untuk Surabaya DPP PDIP menugaskan Ery Cahyadi - Armudji untuk menjadi calon wali kota dan calon wakil wali kota," ujar Puan Maharani setelah membuka amplop warna coklat. 

Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura dan juga peneliti dari Surabaya Survey Center, Surokim Abdusalam mengatakan, terpilihnya Ery Cahyadi - Armudji menunjukan kekuatan Tri Rismaharini sekaligus menjadi kemenangan Risma diantara faksi-faksi PDIP di Surabaya.

Surokim menilai keputusan PDIP tersebut terlihat bahwa kemajuan pembangunan di Surabaya harus diteruskan oleh orang yang sangat dipercaya Risma yaitu Ery Cahyadi.

"Ini menunjukan kekuatan Bu Risma selain juga kepercayaan PDIP dan Bu Mega kepada calon yang diajukan Bu Risma," ujar Surokim.

Sementara itu sosok Armuji menurut Cak Surokim, menjadi bagian untuk soliditas PDIP. Selama ini Armuji adalah sosok senior di PDIP. Pernah menjabat ketua DPRD Surabaya dan saat ini duduk sebagai anggota DPRD Jawa Timur. Armuji diyakini Surokim bisa membawa kekuatan PDIP tetap solid saat pilkada dilangsungkan.

"Sosok Cak Armuji ini juga dikenal baik publik Surabaya. Pernah menduduki jabataan di DPRD selain juga senior di partai sehingga soliditas untuk pasangan ini tetap terjaga," lanjut Surokim.

Sementara terkait sosok Wisnu Sakti Bhuana yang dinilai lebih berpeluang tapi ternyata tidak mendapatkan rekom, dinilai Surokim sudah dipertimbagnkan oleh DPP PDIP. Tentunya pimpinan pusat telah menyiapkan tempat bagi Wisnu setelah tidak menjabat sebagai wakil wali kota Surabaya.

"PDIP ahli dalam meredam gejolak pasca pemberian rekomendasi. Saya yakin DPP sudah menyiapkan tempat bagi Wisnu Sakti selepas dari jabatannya," lanjut Surokim.

Surokim juga meyakini kader akan tegak lurus terhadap keputusan DPP atau Megawati,  sehingga unsur mbalelo ditepis oleh Surokim. "Selama ini kader PDIP selalu tegak lurus terhadap keputusan partai. Saya sangat yakin mereka solid memenangkan pasangan Ery  Cahyadi – Armuji," pungkas Surokim. (Hermawan)