Gubernur Paparkan Program Strategis Sultra, Undang Menteri ATR/BPN Ke Toronipa

Mus • Wednesday, 2 Sep 2020 - 15:57 WIB

Kendari - Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi mengundang Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil ke Toronipa, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Rabu (2//9/2020). Acara itu dikemas dalam bentuk coffee morning yang dihadiri sejumlah pejabat lingkup Pemerintah Provinsi Sultra dan kementerian ATR/BPN.

Dalam pertemuan itu, gubernur mengemukakan sejumlah program strategis yang digagas Pemprov Sultra, yakni pembangunan rumah sakit jantung, perpustakaan, pembangunan kawasan pariwisata Toronipa.

Gubernur mengatakan, pembangunan jalan Kendari-Toronipa terus dikebut. Jalan ini nantinya menjadi akses bagi para wisatawan ke Toronipa yang diproyeksikan menjadi salah satu kawasan tujuan wisatawan mancanegara.

"Pantai Toronipa akan kami jadikan sebagai kawasan pariwista terpadu. Bahkan saya sudah sampaikan ke teman- teman di Jakarta tentang keunggulan Sultra," ujarnya.

Gubernur menambahkan, Pemprov Sultra juga sedang membenahi kawasan kota lama, Kendari. Pemprov berkeinginan menata kembali kawasan kota tua ini.

Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil mengapresiasi kebijakan pembangunan yang ditempuh pemprov. Sofyan mengatakan, ini merupakan salah satu bentuk konsistensi gubernur dalam membangun daerah.

"Di provinsi ini, semua lahan dan tanah ada manfaatnya. Ini bukti konsistensi gubernur dalam merumuskan kebijakan dalam pembangunan," ujarnya.

Di sela-sela kegiatan itu, gubernur mengajak menteri jalan-jalan di kawasan Pantai Toronipa menikmati pasir putih kawasan wisata itu.

Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil melakukan kunjungan kerja ke Sultra selama dua hari sejak Selasa (1/9/2020). Sofyan berkunjung ke salah satu perusahaan tambang, yakni PT. Virtue Dragon Nickel Industry di Konawe dan Kolaka Timur. (Hengky/ Bidang IKP Diskominfo Sultra)