Pameran Virtual UMKM Terbesar, Pertamina Hadirkan Ratusan Mitra Binaan

Mus • Sunday, 6 Sep 2020 - 18:24 WIB

Jakarta - Era digitalisasi menuntut seluruh pihak melek digital, termasuk para pelaku UMKM. Sebagai dukungan untuk mengakomodasi hal tersebut, PT Pertamina (Persero) mewadahi UMKM mitra binaannya dengan menyelenggarakan sebuah pameran virtual UMKM pertama dan terbesar di Indonesia pada 9-11 September 2020.

Tema “Digitalisasi usaha kecil, bikin bangga Indonesia!” diangkat sebagai bentuk kampanye yang berfokus mengembangkan UMKM Mitra Binaannya di era digital.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, pameran virtual yang diberi nama PERTAMINA SMEXPO 2020 ini akan melibatkan ratusan UMKM Mitra Binaan Pertamina. Para UMKM tersebut diantanya adalah mereka yang terkena dampak pandemi COVID-19 secara langsung. Dampak yang dirasakan berbeda-beda, mulai dari kenaikan ongkos produksi, kesulitan mendapatkan bahan baku hingga kehabisan modal yang membuat mereka harus menutup usaha mereka.

“Kami berharap ini dapat menjadi batu loncatan bagi para UMKM yang terkena dampak pandemi sehingga dapat bangkit kembali. Karena dengan konsep Pemasaran digital akan membuka akses yang lebih luas bagi pasar mereka,” ujarnya.

Akses pemasaran yang lebih luas diharapkan dapat menjaga ekonomi masyarakat tetap tumbuh. Dengan demikian lapangan kerja tetap terbuka.

Fajriyah menambahkan, keseluruhan acara ini akan dilaksanakan secara daring, mulai dari pameran, fashion show, workshop, hiburan hingga transaksi jual beli produk. “Jadi kami akan menghadirkan sebuah event layaknya eksibisi normal, namun dalam konsep virtual. Semua aktivitas tersebut dapat diikuti hanya dengan mengakses www.pertaminasmexpo.com,” tambahnya.

Selain memudahkan masyarakat untuk mengunjungi pameran tersebut karena dapat diakses dimana saja, pameran virtual ini juga dapat menjadi ajang pelatihan bagi UMKM agar dapat mengembangkan bisnisnya secara digital di kemudian hari.

Selain melihat dan membeli produk UMKM, pengunjung juga dapat menikmati beragam acara yang disiapkan seperti fashion show, workshop, hingga hiburan. Menurut Fajriyah, workshop yang digelar akan menghadirkan narasumber yang kompeten dengan tema pembekalan untuk UMKM agar lebih kompetitif bersaing di tengah era digital. 

Menarik, bukan? Acara ini diselenggarakan gratis hanya dengan mengakses laman digital www.pertaminasmexpo.com pada tanggal 9-11 September dan terbuka untuk pelaku usaha maupun masyarakat umum. (Mus)