Menjadi Sahabat Keluarga di Masa Pandemi Covid-19

ANP • Wednesday, 9 Sep 2020 - 17:00 WIB

JAKARTA - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang didukung oleh Johns Hopkins Center for Communication Program (JHCCP) dan USAID bersama-sama akan menggelar hari Apresiasi Petugas Lapangan Lawan Covid-19 yang mengusung tajuk “Kerja Lapangan Masih Harus Dilaksanakan”. Kegiatan ini akan digelar pada hari Rabu, 9 September 2020, pukul 09.00-11.30 WIB dan akan dilangsungkan secara virtual yang disiarkan langsung serempak melalui kanal Youtube BKKBN Official dan Facebook Group “Petugas Lapangan Lawan Covid-19”.

Sejak penyebaran Covid-19 di Indonesia teridentifikasi dan terus meningkat, BKKBN bekerja sama dengan JHCCP melibatkan Penyuluh KB/Petugas Lapangan Keluarga Berencana, untuk menggerakkan IMP (Institusi Masyarakat Pedesaan) dan Kader-kader yang langsung berada di tengah masyarakat dan terhubung dengan keluarga dan pranata desa. Secara garis besar mereka berperan besar dalam menjalankan tiga tugas utama, di antaranya yaitu 1) mengomunikasikan standar pesan pencegahan Covid-19, 2) menginspirasi dalam perubahan perilaku, dan 3) melibatkan masyarakat dalam upaya menurunkan risiko penularan Covid-19.

Kami sangat menyadari banyak keluarga di seluruh Indonesia terdampak akibat pandemi ini. Tidak sedikit yang kehilangan sumber mata pencarian utama, anak-anaknya putus sekolah, angka kekerasan domestik meningkat, kualitas gizi yang kurang diperhatikan, hingga kehamilan yang tidak diinginkan. Bingung, khawatir, sampai frustrasi tentu melanda hampir setiap anggota keluarga. Maka, sesuai amanat BKKBN sebagai ‘sahabat keluarga’, kami merasa perlu adanya rencana program yang dilandasi rasa empati dan tepa selira—namun tentu tetap mengindahkan apa yang harus dan benar untuk dilakukan,” ujar dr. Hasto Wardoyo, SpOG (K), Kepala BKKBN.

Menurut Fitri Putjuk, Kepala Perwakilan JHCCP Indonesia “Sebagai mitra BKKBN, kami sangat menyadari kekuatan penyuluh/ petugas KB dan kader yang begitu besar dan strategis dalam penjangkauan komunitas terutama karena mampu mengamplifikasi pesan hingga ke akar rumput. Maka bersama BKKBN, kami berinisiatif membentuk pusat informasi dan edukasi yang tergabung dalam Facebook Group “Petugas Lapangan Lawan Covid-19” dan telah  melaksanakan serangkaian sesi Facebook Live sebagai bentuk penguatan kapasitas petugas lapangan. Berbagai topik seperti informasi dasar pencegahan Covid-19; penguatan nutrisi untuk imunitas; perlindungan balita dan manula dari Covid-19; pencegahan stigma, pembentukan Gugus Tugas RT/RW; hingga penguatan ekonomi keluarga, menjadi materi pembahasan untuk kemudian dapat mereka sampaikan kembali ketika menjadi pendamping keluarga dan pranata desa. Strategi ini tergolong sangat efektif karena telah mampu menjangkau lebih dari 400,000 orang.”

Memasuki bulan keenam pandemi Covid-19, BKKBN berupaya keras untuk selalu mendekatkan program-program inovasinya ke tengah masyarakat sehingga menjadi bagian dari solusi. BKKBN juga menyadari bahwa diperlukan upaya untuk senantiasa menggelorakan energi ini agar petugas lapangan tetap semangat dalam menjalani maraton melawan pandemi Covid-19 di Indonesia. Dalam kaitannya dengan hal ini, maka pada Apresiasi Petugas Lapangan Lawan Covid-19 nanti akan pula diluncurkan kelas-kelas belajar mandiri berbasis daring dan interaktif tentang pencegahan Covid-19. Bertransisi dari platform Facebook dan menduplikasi kegiatan yang sudah dilakukan selama enam bulan ke belakang, kegiatan ini tentunya mendorong pesan bahwa Penyuluh KB/Petugas Lapangan Keluarga Berencana harus terus mengedukasi dirinya dan keluarga dampingannya untuk peningkatan literasi keluarga di Indonesia.

Pelaksana Tugas Direktur Kantor Kesehatan USAID Indonesia Pamela Foster mengatakan, “Pemerintah Amerika Serikat, melalui Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID), hingga saat ini telah memberikan komitmen 11 juta dolar AS (Rp 187 miliar) kepada Indonesia dalam bentuk bantuan baru maupun yang dialihkan peruntukannya dan menjadi bagian dari bantuan kemanusiaan dan kesehatan global Pemerintah AS untuk merespons COVID-19. USAID gembira dapat bermitra dengan Pemerintah Indonesia dalam membangun ketangguhan masyarakat dan keluarga untuk menurunkan risiko dan mencegah penularan COVID-19 dimana BKKBN merupakan mitra penting.” Pamela juga menambahkan, “Petugas dan kader BKKBN merupakan garda terdepan di masyarakat yang sangat penting untuk melawan COVID-19. Dengan pembelajaran terus menerus dan kampanye komunikasi risiko COVID-19 yang komprehensif dan berskala luas, kita akan dapat melindungi diri sendiri dan orang lain dalam perjuangan terus menerus melawan pandemi global COVID-19.” (ANP)