BAZNAS Raih Dua Penghargaan Internasional GIFA Awards 2020

ANP • Tuesday, 15 Sep 2020 - 06:55 WIB

JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kembali menorehkan prestasi dengan meraih piala Global Islamic Finance Award (GIFA) 2020, dimana penghargaan ini merupakan penghargaan level internasional bergengsi bagi dunia keuangan Islam. BAZNAS memenangkan kategori sebagai Organisasi zakat dunia dengan Pendistribusian Zakat Terbaik 2020 dan kategori GIFA Special Award untuk kategori Leadership Role yang khusus diberikan untuk ketua BAZNAS, Prof. Dr. Bambang Sudibyo MBA.CA atas perannya mengembangkan kepemimpinan perzakatan di Indonesia dan mendorong gerakan zakat dunia lewat World Zakat Forum.

Penyerahan penghargaan GIFA Awards 2020 ini, dilaksanakan secara daring, dan disiarkan secara langsung melalui kanal youtube, https://youtu.be/UE_zPJ1DMJ0 , pukul 16.00 WIB, Senin (14/9).

Bambang Sudibyo menyampaikan rasa syukurnya BAZNAS mampu meneruskan trend positif meraih penghargaan internasional meskipun saat ini dunia sedang dalam kondisi yang sulit. Penghargaan ini juga menjadi salah satu bukti pengelolaan zakat di Indonesia mendapat pengakuan dari dunia internasional. 

“Alhamdulillah BAZNAS menerima penghargaan GIFA Award 2020 sebagai organisasi zakat kategori Program Penyaluran Zakat Terbaik 2020 sebagai pengakuan atas berbagai inovasi dalam membantu dan memberdayakan masyarakat miskin serta kelompok penerima zakat lainnya,” ujar Bambang, dalam keterangannya, Senin (14/9).

Bambang menambahkan, penghargaan ini merupakan penghargaan yang ketiga kalinya yang diterima BAZNAS, setelah sebelumnya BAZNAS meraih penghargaan dari GIFA Awards untuk pertama kalinya di Sarajevo, Bosnia Herzegovina, tahun 2018.

“Terimakasih kepada kepada Wakil Ketua, semua anggota, seluruh jajaran direksi, serta semua amilin dan amilat BAZNAS atas kerja kerasnya. Penghargaan ini adalah hasil dedikasi seluruh amil dan Lembaga Amil Zakat seluruh Indonesia, serta seluruh pegiat zakat di berbagai belahan dunia dalam berjuang melaksanakan gerakan zakat untuk kemaslahatan umat,” tuturnya. 

Dalam lima tahun terakhir, sederet penghargaan baik skala nasional maupun internasional telah berhasil diraih BAZNAS atas perjuangan dan komitmen BAZNAS dalam gerakan di dunia zakat. Untuk tahun 2020, BAZNAS sebelumnya meraih beberapa penghargaan diantaranya, penghargaan Global Good Governance SDGs Champion Award 2020 dari Cambridge International Financial Advisory (IFA), dan lembaga zakat dengan Fundraising Digital Terbaik di program Indonesia Fundraising Award (IFA) 2020.

Selain itu, terkait dengan peran dalam memajukan gerakan zakat dunia, BAZNAS telah menempatkan wakilnya, yakni Bambang Sudibyo yang dipercaya mengemban amanah sebagai Sekretaris Jenderal World Zakat Forum (WZF). Pada November 2019 lalu, Indonesia juga terpilih menjadi tuan rumah dalam agenda pertemuan tahunan lembaga zakat dunia, World Zakat Forum, yang berlangsung di Bandung, Jawa Barat.

Dalam kondisi pandemi ini, BAZNAS juga bekerja sama dengan sebuah badan di bawah payung PBB, yakni UNDP untuk pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) dalam meredam dampak sosial-ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Sejak Maret hingga per tanggal 25 Agustus, BAZNAS telah menyalurkan bantuan untuk 432.771 jiwa yang terdampak pandemi Covid-19. Bantuan Dana Zakat, Infak, Sedekah serta Dana Sosial Keagamaan Lainnya (DSKL) senilai Rp44 Miliar ini diwujudkan dalam bentuk bantuan program Darurat Kesehatan, Darurat Sosial Ekonomi, serta keberlangsungan program existing ang telah dijalankan oleh BAZNAS sebelumnya. 

“Semoga penghargaan ini dapat menjadi pemacu semangat pengelola zakat di Indonesia terus merapatkan barisan berjuang bersama membantu mereka yang kesusahan dalam menghadapi krisis ini," tutup Bambang. (ANP)