JK Serukan Tahun Solidaritas Kemanusiaan

Mus • Thursday, 17 Sep 2020 - 14:35 WIB

Jakarta - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) meminta partisipasi masyarakat dan pengusaha untuk memerangi Covid-19 yang semakin meninggi di Indonesia, terutama di wilayah DKI Jakarta. Menurutnya partisipasi masyarakat dapat diwujudkan melalui kedisiplinan untuk mematuhi protokol kesehatan terkait Covid-19. 

Sementara para pengusaha diharapkan memberikan donasi untuk kegiatan PMI,  guna memutus mata rantai penularan Covid-19 dengan cara penyemprotan disinfektan secara masif dan intens selama 6 bulan belakangan ini. 

Hal tersebut disampaikan JK di sela-sela perayaan hari ulang tahun PMI yang ke-75 di Markas Pusat PMI Jl. Gatot Subroto Kav 96 Jakarta Selatan, Kamis 17 September 2020.

“Hanya ada 2 (dua) cara untuk mengatasi Covid-19 ini yaitu hindari dan matikan. Hindari adalah dengan melakukan 3M (Menjaga jarak, Memakai Masker, Mencuci Tangan) dan itu butuh partisipasi masyarakat untuk disiplin menjalankannya. Sementara matikan adalah upaya yang dilakukan PMI selama ini, yaitu sterilisasi pada sarana umum dan ibadah serta rumah-rumah dan perkantoran dengan cara penyemprotan disinfektan dan hampir 6 bulan relawan PMI bekerja untuk itu. Karena itu kita mengharapkan partisipasi masyarakat dan pengusaha untuk membantu mensponsori itu, karena hanya itu cara untuk mengatasi dan mengurangi penularan Covid ini,” ujar JK. 

Lebih lanjut JK menjelaskan, setidaknya sampai akhir tahun 2020, PMI membutuhkan biaya sekitar Rp200 miliar untuk operasi penanganan Covid-19. Sementara itu dana yang terkumpul di PMI baru mencapai 50 persen dari total kebutuhan. 

Terkait pelaksanaan PSBB di Jakarta, JK mengatakan agar Pembatasan Sosial Berskala Besar dapat menampakkan hasil sesuai yang diharapkan, perlu ada ketegasan dan sanksi dari pemerintah untuk mendisiplinkan masyarakat. Menurutnya hanya sanksi dan ketegasan yang dapat mendisiplinkan masyarakat sebagaimana yang dilakukan oleh negara-negara yang berhasil menurunkan jumlah penularan Covid-19.

”PSBB itu sangat tergantung pada disiplin masyarakat dan kedisiplinan itu tergantung pada ketegasan dan sanksi dari pemerintah karena itu pemerintah harus tegas dan menjatuhkan sanksi kepada siapa pun yang melanggar disipilin. Itu belajar dari negara negara di dunia ini yang berhasil menurunkan penyebaran Covid yaitu membangun kedisiplinan," tegas JK.

Pada momen perayaan HUT ke-75 PMI yang dilaksanakan secara sederhana dan virtual tersebut JK juga meresmikan pendirian Politeknik Abdi Kemanusiaan Bangsa dan Negara (AKBARA) Surakarta, politeknik yang dikelola oleh PMI. Politeknik dengan program D3 dan D4 membuka berbagai jurusan terkait manajemen penanggulangan bencana, dan pengelolaan darah. (Mus)