Gubernur Buka MTQ Ke-XXVIII Provinsi Sulawesi Tenggara Secara Virtual

Mus • Monday, 21 Sep 2020 - 14:51 WIB

Kendari - Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-XXVIII Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang untuk pertama kalinya dilangsungkan secara virtual, resmi dibuka Gubernur Sultra Ali Mazi di Ruang Merah Putih rumah Jabatan Gubernur Sultra, Senin (21/09/2020).

Sejumlah tamu undangan pada pembukaan MTQ ke-XXVII hadir diantaranya Ketua tim Penggerak PKK Provinsi Sultra Agista Ariany, Sekda Prov. Sultra Nur Endang Abbas, jajaran Forkopimda Sultra, Kakanwil Depag Prov. Sultra. Para Dewan Hakim MTQ, sejumlah pimpinan OPD Prov. Sultra, dan para pemuka agama, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Sementara itu para Bupati dan Walikota se-Sultra hadir dan menyaksikan secara virtual. Pembukaan MTQ ini juga dirangkaikan dengan pengukuhan Kepanitiaan dan Dewan Hakim MTQ oleh Gubernur Ali Mazi.

Gubernur Sultra Ali Mazi dalam sambutannya menyampaikan, MTQ diharapkan menghadirkan generasi Qura'an yang berahlak dan berprilaku sesuai ajaran dan tuntunan Al Qur'an, sebagai petunjuk dan pedoman hidup umat manusia.

Lebih lanjut Ali Mazi mengatakan, MTQ kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena berada di masa pandemi Covid 19. Menurutnya, pelaksanaan MTQ secara virtual merupakan solusi dan upaya paling aman mengatasi Covid-19. “Semua peserta dan panitia wajib melaksanakan protokol kesehatan demi keselamatan dan kesehatan kita,” katanya.

Di tempat terpisah Walikota Kendari Sulkarnain Kadir berharap seluruh kafilah Kota Kendari bisa memberikan hasil yang maksimal, apalagi lomba ini sudah beberapa kali tertunda.

“Mudah-mudahan Kota Kendari bisa menjadi juara umum,” harapnya.

MTQ ke XXVIII ini akan berlangsung mulai 21 sampai 25 September 2020 dengan tema "MTQ Virtual AMAN Covid-19 Momentum Membangun Generasi Qur'ani". MTQ secara virtual ini mempertandingkan 8 cabang dan 46 golongan, diikuti sebanyak 714 peserta dari perwakilan 17 kabupaten/kota di Sultra dan menyediakan 10 ID zoom untuk lomba. (Hengky)