Banjir dan Longsor Terjang Kabupaten Bogor, Tagana Gerak Cepat

AKM • Tuesday, 22 Sep 2020 - 11:33 WIB

Bogor  - Taruna Siaga Bencana (Tagana)  Kabupaten Bogor bergerak cepat melakukan upaya tanggap darurat bencana banjir dan longsor yang terjadi di Kp. Cikoneng, Desa Sukamakmur,  Kecamatan Sukamakmur, Senin kemarin. 

Kejadian yang diakibatkan curah hujan tinggi yang mengguyur Kabupaten Bogor sejak Senin petang, menyebabkan longsor. 

Menurut keterangan Anggota TAGANA,  Jaja Suryaningrat mengatakan, "saat ini Tagana Kabupaten Bogor bersama pihak RW setempat sedang melakukan pendataan dan Pembersihan Puing dan lumpur longsoran, Data sementara terdapat dua rumah rusak berat terendam lumpur dan longsoran."

Ditempat Terpisah, Tagana Aef Saepuloh , melaporkan bahwa hasil assessment sementara , bahwa terjadi longsor di Kp.Hongbu RT.04/04 Desa Cijeruk Kecamatan Cijeruk yang mengakibatkan akses jalan ke rumah warga tertutup, dan merusak 5 rumah warga atasnama Bpk.Aim, Bpk.H.Ateng, Bpk Jumsih, Bpk. Ujang dan Bpk. Jeje. Saat ini mereka diungsikan dirumah sanak saudara. 

Salah satu Tagana pamijahan menambahkan bahwa akibat hujan deras telah mengakibatkan terputusnya jalan menuju perkampungan warga dan mengakibatkan longsoran serta lumpur masuk kedalam rumah, pembersihan dan assessment dilanjutkan hari ini karena semalam terkenada penerangan dan hujan . 

Selain itu, H.Taopik selaku Koordinator Tagana Kabupaten Bogor yang berada di Posko Tagana mengatakan,  "bahwa hujan deras menerjang sebagian wilayah Di kabupaten bogor menyebabkan beberapa titik jalan longsor  penghubung kedua kampung rusak serta merendam puluhan rumah warga dan tempat ibadah yang rusak berat yang terletak dibeberapa kecamatan seperti pamijahan, Cisarua, Sukajaya dan Sukamakmur".

"Sampai saat ini kami masih melakukan pendataan dan untuk sementara warga kami himbau untuk mengungsi ke rumah kerabat atau saudara," tambahnya. (AKM)