Jokowi : Semua Negara Berhak Dapat Akses Vaksin Covid 19 Dengan Harga Terjangkau

AKM • Wednesday, 23 Sep 2020 - 09:33 WIB

 

 
Jakarta - Harapan agar pandemi covid 19 segera berakhir menjadi harapan masyarakat internasional. Hal itu dapat diwujudkan dengan penemuan vaksin covid 19 dan sapat disalurkan secara masif.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin bekerja sama dengan seluruh negara di dunia terkait penyediaan vaksin Covid-19. Menurut dia, semua negara harus mendapatkan akses setara terhadap vaksin corona dengan harga terjangkau.

Hal tersebut diungkapkan Jokowi pada Sidang Majelis Umum ke-75 Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) secara virtual, Rabu (23/9/2020). Kepala Negara berpidato menggunakan bahasa Indonesia.

“Kita harus bekerja sama untuk memastikan, bahwa semua negara mendapatkan akses setara terhadap vaksin yang aman dan dengan harga terjangkau. Untuk jangka panjang tata kelola ketahanan kesehatan dunia harus lebih diperkuat," ujarnya.

Kerja sama antarnegara sangat penting terkait penanganan corona. Apalagi, saat ini vaksin menjadi game changer untuk perang melawan pandemi Covid-19.

"Kerja sama dalam penanganan Covid-19 harus kita perkuat, baik dari sisi kesehatan, maupun dampak sosial ekonominya. Vaksin akan menjadi game changer dalam perang melawan pandemi," imbuhnya.

Menurut Jokowi, ketahanan kesehatan dunia yang berbasis pada ketahanan kesehatan nasional akan menjadi penentu masa depan dunia.

Sementara itu, dari sisi ekonomi, reaktivasi sektor ini secara bertahap harus mulai dilakukan dengan melakukan koreksi terhadap kelemahan-kelemahan global supply chain yang ada. Aktivasi ekonomi harus memprioritaskan kesehatan warga dunia.

"Dunia yang sehat dunia yang produktif harus menjadi prioritas kita. Semua itu dapat tercapai jika semua bekerja sama. Mari kita memperkuat komitmen dan konsisten menjalankan komitmen untuk selalu bekerja sama," pungkasnya. ( AKM)

 

Okezone.com