Dukungan Anwar Ibrahim Jadi PM Malaysia Semakin Menguat

Mus • Friday, 25 Sep 2020 - 13:03 WIB

Kuala Lumpur - Pemimpin oposisi Malaysia Anwar Ibrahim semakin percaya diri bisa menggulingkan Perdana Menteri (PM) Muhyiddin Yassin, karena mendapatkan banyak dukungan anggota parlemen lintas partai. Dia juga ingin membuktikan klaim penggulingan itu bukan isapan jempol semata.

Presiden Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) Ahmad Zahid Hamidi mengungkapkan dirinya mendapatkan informasi bahwa banyak anggota parlemen UMNO dan Barisan Nasional (BN) menyatakan dukungan bagi Anwar untuk membentuk pemerintahan baru. 

“UMNO dan BN tidak mampu menghentikan anggota parlemen yang mendukung Anwar untuk bertemu dengan yang di-Pertuan Agung,” kata Hamidi. “Saya sudah diberitahu kalau banyak anggota parlemen dari UMNO dan BN memberikan dukungan kepada Anwar. Saya menghargai keputusan mereka,” katanya.

Dukungan bagi Anwar juga dinyatakan Presiden Partai Amanah Negara Mohamad Sabu. Dia mengatakan, 11 anggota parlemen dari partainya memberikan dukungan bagi Anwar. “Kita tahu kalau Anwar telah mendapatkan dukungan mayoritas anggota parlemen membentuk pemerintahan baru,” kata Sabu dilansir Malay Mail.

Dukungan lain disampaikan Partai Aksi Demokratik. Wakil Ketua DAP Chow Kon Yeow mengungkapkan, dirinya tidak mengetahui berapa jumlah anggota parlemen yang diraih Anwar. "Kita akan menunggu," jelasnya New Straits Times.

Chow yang menjabat Menteri Besar Penang mengatakan, rakyat Malaysia menginginkan pemerintahan yang stabil dan kuat di tengah krisis kesehatan dan ekonomi. "Pemerintahan yang kuat dan peduli kepada rakyat bisa membawa negara ini menjadi keinginan bersama," katanya.