Penyaluran Bantuan Sosial Tunai Kota Kendari Hingga Kemarin Sudah 94,33%

Mus • Friday, 25 Sep 2020 - 17:46 WIB

Kendari - Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) hingga Kamis,24 September 2020 di Kota Kendari sudah mencapai 94,33%. BST merupakan salah satu program jaring pengaman sosial untuk menanggulangi dampak ekonomi dari pandemi virus corona (Covid-19).

Hal ini disampaikan dalam talkshow Trijaya FM Kendari, bersama Dinas Sosial Kota Kendari dan PT.Pos Indonesia Kendari, Jumat(25/09/2020).
Kepala PT POS Kendari Surya Hambali mengatakan, BST tahap 4 dan 5, untuk alokasi 9.777 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), terealisasi sampai dengan tanggal 24 september 2020 sebanyak 9223 KPM atau 94,33%.

"Masa bayar sebenarnya sampai dengan tanggal 23 september 2020, tapi ini masih bisa dibayarkan sepanjang nomor cekpos masih aktif," katanya.

Lebih lanjut Surya Hambali mengatakan PT. Pos Indonesia mempunyai sejumlah pilihan cara penyaluran BST, yaitu melalui kantor pos, komunitas, atau disalurkan langsung kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Strategi yang dikembangkan PT Pos Indonesia membuat penyaluran BST menjadi lebih tepat sasaran dan tentunya dengan adanya kerjasama dengan Dinsos Kota Kendari.

Sementara itu Kepala Bidang Penangan Fakir Miskin Dinas Sosial Kota Kendari, Sri Nursam Dewi mengatakan, Pemerintah kota Kendari sangat perhatian dengan penyaluran BST ini, 

Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir turut langsung menyalurkan secara simbolis menyerahkan Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada perwakilan masyarakat kurang mampu, sebagai tanda dimulainya penyaluran bantuan Pemerintah Pusat di Kota Kendari, pada periode pertama bulan Mei 2020 lalu.

Penyaluran BST ini dilakukan secara bertahap dari Pemerintah Pusat dengan nilai bantuan Rp.600 ribu selama tiga bulan. (Heng)