Petani Lembang Temui Dubes Singapura, Jajaki ekspor Sayuran

ANP • Sunday, 27 Sep 2020 - 10:32 WIB

LEMBANG - Ketua Kelompok Tani Macakal, Triana Antri berjanji akan memenuhi persyaratan ekspor sayur mayur asal Lembang, guna peningkatam ekspor sayur ke Singapura.

"Insha alloh kami sanggupi permintaan dan arahan pak dubes, agar ekspor sayur mayur terwujud segera, "kata Antri, Minggu (27/9)

Sebelumnya, Rabu lalu Kelompok tani mandiri Macakal Menemui Dutabesar Singapura guna menjajaki rencana ekspor sayur mayur asal lembang ke Singapura yang dikelola kelompok tani Macakal, di kantor media group, Jakarta.

Pertemuan berlangsung sederhana. Para kelompok tani Macakal didampingi anggota kelompok tani yang datang langsung dari lembang, Bandung barat, Jawa barat.

Ketua kelompok tani Macakal, Triana Antri mengatakan kelompok tani ini berusaha menjajaki dan mendalami ekspor langsung sayur mayur ke Singapura. "Kita ketemu pak dubes, siapa tahu ada peluang ekspor dan kerjasama denga pemerintah singapura,"katanya bersemangat.

Menurut Antri, kelompok tani ini bukan dikelola korporasi besar tapi dikelola langsung oleh petani-petani muda asal Lembang.

Saat ini menurut Antri, kelompok tani nya telah mengekspor sayuran jenis _baby buncis kenya_ namun dalam kapasitas yang kecil. "Baru 1 item yang kita ekspor ke Singapur lewat importir, sementara kita masih punya 26 item sayuran yang siap ekspor," katanya.

Atri menambahkan, kelompok tani ini mengelola sekitar 22 hektar lahan sayur mayur dan akan terus berkembang ke wilayah lain seperti Bandung barat, Sukabumi, Sumedang dan Ciwidey.

Dutabesar Singapura, Suryopratomo mengapresiasi rencana Kelompok tani Macakal untuk memperbesar ekspor sayur mayur ke singapura, namun menurutnya kelompok tani harus menjaga _continuity_ dan kualitas produk sayur ekspor.

"Jika sayur mayur warga Singapura dipasok dari lembang, ini prestasi luar biasa dan menambah kesejahteraan petani, " Kata pria yang biasa disapa Tomi.

Namun menurut Tomi, petani harus membuat kemasan yang menarik agar sayur mayur yang masuk singapura terlihat menarik atau _eyes catching_.

Tomi berjanji akan membantu para petani Macakal Lembang dengan membantu memasarkan sayur mayur ke Singapura.(ANP)