ITS Luncurkan Kapal Autonomous, Menhub: Saatnya Indonesia Kuasai Maritim

ANP • Tuesday, 29 Sep 2020 - 14:20 WIB

JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan sudah saatnya Indonesia menguasai teknologi maritim karena Indonesia memiliki potensi maritim yang sangat besar. Telebih  66 persen dari luas wilayah Indonesia adalah lautan. Oleh karena itu Menhub menyambut baik  inovasi Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) berupa  Kapal Autonomuos  atau ITS Autonomous Boat (I Boat)  saat soft launching secara virtual hari ini, Selasa (29/9).

Kapal Autonomuos yang dikembangkan oleh ITS ini akan menjadi satu terobosan dalam transportasi logistic dan transportasi dalam kondisi bencana, karena dapat menjangkau daerah-daerah yang sulit diakses oleh kapal berawak. Terobosan ini sangat diapresiasi Menhub, terlebih diciptakan dalam kondisi pandemic Covid 19.

“Pandemi Covid 19 membuat kita dihadapkan pada situasi yang tidak menentu dan tidak jarang mengurangi produktivitas kita. Sebaliknya, akademisi ITS justru  tetap dapat berkreasi dan mengembangkan Kapal Autonomuos atau I-Boat ini membuktikan bahwa karya anak bangsa tidak kalah dari negara lain yang bisa memberi sumbangsih bagi pengembangan maritime Indonesia”, demikian disampaikan Menhub.  
 
Dalam kesempan soft launching virtual tersebut, Menhub Budi Karya Sumadi juga menyampaikan komitmennya untuk selalu mendukung inovasi anak negeri, termasuk yang datang dari ITS. Terlebih jika inovasi tersebut memiliki dampak nyata bagi pengembangan transportasi di tanah air.   

“Saya mengapresiasi kerja keras ITS dalam karyanya membuat Kapal Autonomuos ini dan juga menghimbau kepada pihak swasta, masyarakat, media bahwa karya seperti ini harus kita dukung, hargai, beri ruang, dan kita gunakan untuk kemajuan bangsa dan negara kita,” ujarnya.

Lebih lanjut Menhub mengajak semua pihak khususnya pihak perguruan tinggi, pelaku usaha, pemerintah dan komunitas untuk berkolaborasi agar hilirasi produk inovasi seperti yang diciptakan ITS  dapat  berjalan dengan  lancar. Hilirisasi sangatlah penting, agar produk inovasi ini tidak berhenti di kampus, melainkan dapat dimanfaatkan masyarakat secara lebih luas. 

Pada akhir sambutannya Menhub mengingatkan bahwa di tingkat Pendidikan Tinggi, inovasi menjadi sangat penting jika  Indonesia ingin memenangkan kompetisi di masa depan. ITS telah menjalankan tugasnya dengan baik, melalui inovasi dan pembangunan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan terbukti telah memberikan kontribusi yang luar biasa bagi bangsa dan negara. (ANP)