Satgas: Kasus Corona Bisa Turun Drastis Dalam 3 Pekan, jika Masyarakat Disiplin 3M

Mus • Saturday, 3 Oct 2020 - 09:17 WIB

Jakarta - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Bidang tak henti-henti mengedukasi masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3M, yakni Memakai Masker, Menjaga jarak dan Mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Bidang Perubahan Perilaku, Sonny Harry B. Harmadi mengatakan, kalau saja 3M diterapkan dengan disiplin, angka penularan virus corona bisa ditekan secara drastis dalam waktu 3 minggu.

"Berbagai penelitian, dalam 3 minggu angka penularan bisa ditekan secara drastis kalau kita mampu mendorong kepatuhan masyarakat terhadap 3M," kata Sonny pada Kick off Sosialisasi Strategi Perubahan Perilaku secara virtual di Jakarta, Jumat (2/10/2020). 

Namun di saat yang sama, ada 2 hal lain yang tidak kalah penting untuk disiapkan menghadapi pandemi. Yakni iman dan imun.

"Masyarakat bisa mematuhi 3M, tapi juga didorong beribadah kepada Tuhan sesuai agama kepercayaan masing-masing, lalu jangan lupa makan makanan bergizi, tidur cukup, berpikir positif, bahagia. Iman baik, aman penuhi dengan 3 M lalu imun dengan tidur, makan dan berfikir positif," jelasnya.