Gubernur Anies Lantik Sri Haryati Jadi Penjabat Sekda DKI Jakarta

FAZ • Wednesday, 7 Oct 2020 - 16:06 WIB

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melantik Penjabat Sekretaris Daerah Pemprov DKI Jakarta Sri Haryati di Balai Agung, Balai Kota, Jakarta, Rabu (7/10/2020).

Anies berharap Penjabat Sekda tersebut dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya selama 3 bulan ke depan atau sampai penetapan Pejabat Sekda dilakukan melalui proses seleksi terbuka yang saat ini sedang berlangsung. Menurut dia, tugas Penjabat Sekda tidak gampang di tengah pandemi Covid-19.

"Satu adalah krisis kesehatan karena Covid-19 dan Jabodetabek adalah salah satu episentrum terbesar. Yang kedua adalah kondisi perekonomian yang melemah. Ketiga, kondisi sosial yang sedang dinamis pada hari-hari ke depan. Ditambah lagi siklus pemerintahan pada bulan-bulan ini adalah siklus pembahasan perubahan APBD 2020 dan perencanaan APBD 2021," kata Anies dalam keterangannya, Rabu (7/10/2020).

Anies meminta, Penjabat Sekda langsung bergerak dengan cepat agar bisa mengantisipasi semua persoalan akibat pandemi Covid-19.

"Alhamdulillah selama tiga minggu ini pun Ibu Asisten menjalankan peran sebagai Plt sudah bergerak dengan cepat bersama seluruh jajaran. Saya berharap kecepatan itu dipertahankan, sehingga seluruh tantangan yang ada di depan kita bisa berjalan dengan baik," ujar dia.

Sebelumnya, Gubernur Anies juga menjelaskan, pelantikan Penjabat Sekretaris Daerah ini disebabkan kekosongan jabatan karena meninggalnya Saefulah akibat Covid-19.