Memperkuat Musik dan Budaya Lokal, Kemendikbud Gelar Indonesian Music Expo

Mus • Thursday, 8 Oct 2020 - 06:41 WIB

Jakarta – Dunia budaya dan musik memiliki keterkaitan yang kuat sama lain. untuk memperkuat hal tersebut langkah strategis perlu dilakukan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan RI menyiapkan sebuah forum bernama  Indonesian Music Expo, ini untuk memperkenalkan kepada dunia budaya world music Nusantara.

Direktur Perfilman, Musik, dan Media Baru Ditjen Kebudayaan Kemdikbud Ahmad Mahendra menjelaskan acara ini bertujuan untuk menjadi rekanan dari WOMAD dan WOMEX di Eropa, walaupun untuk saat ini fokusnya adalah musik Indonesia.

“Dengan adanya wabah pandemik dewasa ini, Imex akan dilaksanakan secara virtual terlebih dahulu melalui platform Youtube (Lokaswara Project) dan Facebook. IMEX dilaksanakan pada tanggal 11-18 Oktober Pukul 19:00 – 21:00 WIB,” kata Mahendra dalam Taklimat Media Indonesia Music Expo, Rabu (7/10/2020).

Menurut Mahendra, 15 grup musik akan ditampilkan dalam ajang yang sangat bergengsi di dunia.

“15 grup yang akan kami tampilkan ini telah di kenal di pelbagai festival world music yang sangat bergengsi di seluruh dunia. Acara live IMEX sendiri akan di selenggarakan pada tanggal 1- 4 Juli, 2021 di Ubud, Bali,” jelasnya.

Mahendra mengharapkan, para pelaku 
industri world music global dapat datang dan sekaligus berbelanja dalam acara ini.

“Dengan harapan di Pulau Dewata Bali agar para pelaku di industri world music global dapat datang dan berbelanja sesuai dengan keperluan mereka masing-masing,” pungkasnya.

Sejak beberapa dekade yang lalu di dunia musik industry global muncul sebuah istilah baru yang dikenal dengan nama “world music”. Istilah ini awalnya hanya di gunakan dalam lingkungan akademik bidang etnomusikologi. (AKM)