AMMI Puji Paslon Pilkada Kampanye Lawan Covid-19

ANP • Sunday, 11 Oct 2020 - 20:33 WIB

JAKARTA - Koordinator Aliansi Mahasiswa dan Milenial untuk Indonesia (AMMI), Nurkhasanah, memuji sejumlah pasangan calon dalam pilkada yang telah menjadikan perlawanan terhadap Covid-19 sebagai tema dalam setiap kampanye dan menggunakan alat penunjang protokol kesehatan sebagai bahan kampanye.

"Kami dari warga milenial mengapresiasi paslon yang menjalankan pola kampanye  dengan mengusung tema melawan Covid-19 diantaranya dengan menerapkan protokol kesehatan dan penyediaan alat pelindung diri, seperti masker dan hand sanitizer untuk dibagikan kepada masyarakat," ujar Nurkhasanah.

Menurutnya, langkah yang dilakukan paslon tersebut menunjukkan kepedulian pasangan calon terhadap sosialisasi pendisiplinan masyarakat dan penanganan penularan virus Corona.

"Tema utama yang dibawakan saat kampanye dalam visi misi menyampaikan tentang strategi perlawanan terhadap pandemi Covid-19, maka dari situ dapat diukur kepedulian dan kemampuan pasangan calon dalam melindungi masyarakatnya di tengah pandemi," jelasnya.

Nurkhasanah menyampaikan bahwa hal itu juga telah sesuai dengan arahan Pemerintah Pusat. Pelaksanaan kampanye saat ini harus diubah, masing-masing paslon bisa berkampanye dengan cara mendukung penanganan dan pencegahan penularan Covid-19.

"Peserta Pilkada dapat melakukan sosialisasi melalui gerakan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan," jelasnya.

Dia pun mendorong agar paslon lain di semua daerah dapat memanfaatkan Pilkada sebagai momentum pencegahan penyebaran Covid-19.

"Ini adalah momentum bagi paslon untuk menunjukkan dirinya sebagai calon pemimpin berkualitas dengan membantu pemerintah mengeluarkan masyarakat dari krisis pandemi," ucapnya.

Selain itu, Nurkhasanah mendukung Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kepulauan Riau yang telah menetapkan penanganan Covid-19 sebagai salah satu tema yang dibahas dalam debat kandidat pilkada 2020.

"Semoga tentang penanganan pandemi Covid-19 dapat dijadikan sebagai salah satu tema dalam debat kandidat pasangan calon di semua wilayah yang menggelar Pilkada," imbuhnya. (ANP)