Pemerintah Tumbuhkan Kewirausahaan di Kalangan Pemuda Papua

ANP • Monday, 12 Oct 2020 - 21:08 WIB

Jayapura - Sesuai arahan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, untuk terus hadir dan berupaya meningkatkan kapasitas sumber daya manusia Koperasi dan UKM di masa pandemi Covid 19 agar Koperasi dan UMKM tetap eksis, dapat beradaptasi dan bahkan bisa tumbuh usahanya.

Oleh karena itu, Deputi Pengembangan SDM KemenkopUKM bersinergi dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Provinsi Papua dan serta Yayasan Papua Muda, menggelar acara Pemasyarakatan Kewirausahaan dan Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pemuda di Kota Jayapura, Provinsi Papua, Senin (12/10).

Kegiatan inspiratif ini dalam upaya meningkatkan kapasitas dan kualitas SDM calon wirausaha dan wirausaha muda Papua.

Kegiatan yang berlangsung dari 12 Oktober 2020 hingga 15 Oktober 2020 bertempat di Hotel Swiss-Bel Papua ini, melibatkan 100 orang pemuda dan pemudi Papua. "Diharapkan mereka termotivasi dan tergerak untuk segera memulai sebuah usaha melalui kegiatan ini," ujar ungkap Kasubid Peningkatan Kemampuan Kewirausahaan Triyanto, mewakili Asdep Pengembangan Kewirausahaan KemenkopUKM Nasrun Siagian, dalam sambutannya. 

Selain itu, ada 60 orang wirausaha muda Papua yang ditingkatkan kapasitas dan kualitas SDM-nya melalui kegiatan pelatihan kewirausahaan bagi pemuda. 

Triyanto menambahkan, meningkatan kapasitas dan kualitas SDM UMKM di  Kota Jayapura ini seluruhnya berjumlah 3 angkatan dengan total peserta sebanyak 160 orang.

Rinciannya, 100 orang peserta pemasyarakatan kewirausahaan (1 angkatan) dan 60 orang peserta pelatihan kewirausahaan bagi pemuda (2 angkatan).

"Jika kita asumsikan saja dari 160 orang peserta ini nantinya 50%  yang sukses mengembangkan usaha pasca pelatihan ini, berarti program pelatihan ini berhasil," tukas Triyanto. 

Namun, jika hanya sedikit yang meningkat kemampuannya, maka harus dilakukan evaluasi atas pelaksanaan pelatihan ini, termasuk bagaimana dengan identifikasi dan kurasi pesertanya apakah sudah sesuai atau belum. 

"Saya berharap bahwa pada kegiatan pemasyarakatan kewirausahaan ini dapat memotivasi para pemuda/ pemudi Papua untuk segera memulai sebuah rintisan usaha dan pada kegiatan pelatihan dapat menjadi ajang bagi pelaku UMKM untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru agar tetap survival dan bisa naik kelas," papar Triyanto.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Papua Doren Wakerkwa mengatakan, mewujudkan semangat wirausaha di kalangan pemuda merupakan salah satu kunci dalam peningkatan ekonomi di Papua. 

Menurut Doren, dibutuhkan inovasi dan sinergitas dari semua pihak, untuk terus menumbuhkan dan membumikan jiwa entrepreneurship pemuda di Papua. 

"Saya juga mengapresiasi Kementerian Koperasi dan UKM yang telah memberikan support dalam penumbuhan dan pengembangan wirausaha khususnya kaum milenial di tanah Papua," ucap Doren. 

Selain itu, lanjut Doren, apresiasi juga disampaikan kepada Yayasan Papua Muda Inspiratif yang merupakan kolaborasi anak-anak muda prestatif Papua yang memiliki visi untuk dapat bersatu, bersinergi dan berkarya dalam meningkatkan kesejahteraan tanah Papua.

Dalam kesempatan yang sama,  Wakil Walikota Jayapura Rustan Saru mengatakan bahwa pemuda harus memiliki semangat mengembangkan minat atau bakat dan motivasi untuk mau terjun ke dunia usaha. 

"Untuk itu, kami berterimakasih dengan dukungan pemerintah pusat yang telah melangsungkan program kegiatan peningkatan kapasitas dan kualitas SDM UMKM di Kota Jayapura," pungkas Rustan. (ANP)