Ini Dia Saham Buruan Asing, Tertarik?

Mus • Tuesday, 13 Oct 2020 - 07:06 WIB

Jakarta – Aliran dana asing tak dapat dipungkiri terus keluar dari pasar saham domestik dalam beberapa bulan terakhir, dengan akumulasi penjualan bersih asing sebesar Rp 51,88 triliun YTD 12 Oktober 2020. Tak heran proporsi kepemilikan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) saat ini cenderung dikuasai oleh investor lokal dengan proporsi 66,65% per September 2020. Meskipun investor lokal sudah mulai mewarnai pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan, masih ada beberapa saham di BEI yang diburu asing. 

Menurut Senior Technical Analyst MNC Sekuritas Herditya Wicaksana, tiga saham yang diburu asing berdasarkan data penutupan per Senin, 12 Oktober 2020, di antaranya:

1. BBCA
Saat ini BBCA kami perkirakan sudah berada pada akhir dari wave (iii) dari wave [a] dari wave 5 pada pola diagonal, sehingga kami memperkirakan penguatan BBCA sudah relatif terbatas dan rentan terkoreksi.
Support : 27.500
Resistance : 30.500
Target Price : 28.200 (target koreksi)
Rekomendasi : Sell on Strength (SoS)

2. BBRI
Posisi BBRI saat ini sedang berada di atas MA20 dan diperkirakan sedang berada pada awal wave [c] dari wave B, sehingga BBRI masih berpeluang menguat.
Support : 3.080
Resistance: 3.240
Target Price : 3.300-3.400
Rekomendasi : Buy on Weakness (BoW)

3. BMRI
BMRI saat ini sudah menyentuh garis MA60-nya dan secara Elliott Wave, saat ini posisi BMRI sudah berada di akhir wave B dari wave (B), sehingga BMRI rentan untuk terkoreksi.
Support : 5.175
Resistance : 5.825
Target Price : 5.350 (target koreksi) 
Rekomendasi : Sell on Strength (SoS)

Disamping itu, sentimen terhadap saham perbankan yang perlu dicermati adalah pengumuman tingkat suku bunga (7DRRR). Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) akan digelar hari ini, 13 Oktober 2020. Kami memperkirakan suku bunga (7DRRR) akan dipertahankan pada level 4%.

Dalam menganalisa dan mengeksekusi order jual atau beli, seorang trader membutuhkan aplikasi online trading yang dapat diandalkan dengan kemampuan menyajikan data secara lengkap dan terintegrasi. Melalui aplikasi online trading MNC Trade New dari MNC Sekuritas, trader dapat melihat data-data yang dibutuhkan dalam satu layar melalui fitur Trader View di versi Desktop.

Dengan Trader View, informasi real-time dapat diperoleh dalam waktu sekejap, antara lain: pergerakan harga saham, volume dan jumlah bid offer, status distribusi/ akumulasi, power buy sell analysis, informasi broker yang melakukan Net Buy serta Net Sell, serta Chart saham yang dibutuhkan. Tak heran, aplikasi MNC Trade New dengan fitur-fiturnya menjadi favorit trader saham di Tanah Air. (Mus)