Menristek Serahkan Penghargaan Kepada Pemenang Science Studio 2020

FAZ • Tuesday, 13 Oct 2020 - 08:42 WIB

Jakarta – Menteri Riset dan Teknologi/ Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang PS Brodjonegoro menyerahkan penghargaan kepada pemenang _Science Studio_ 2020. Dalam kesempatan tersebut Menteri Bambang menyampaikan apresiasi atas semangat anak-anak Indonesia yang tidak kehilangan motivasi dan tetap bergairah dalam belajar meski ditengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia secara masif dan luas semenjak akhir 2019.

“Saya merasa bangga dan besar hati karena anak-anak baik tingkat SD maupun SMP meski dalam kondisi yang serba terbatas tetap bersemangat menggali ilmu,” ungkap Menteri Bambang dalam arahannya saat penyerahan penghargaan secara simbolik kepada perwakilan pemenang _Science Studio_ 2020 di Lt.24 Gedung BJ Habibie dan juga digelar secara _virtual_ , Jakarta, Senin (12/10).

Menteri Bambang mengatakan, Kementerian Riset dann Teknologi/ Badan Riset Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) akan terus memberikan perhatian besar kepada Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK) yang terus tumbuh dan berkembang melalui kiprah dan keberadaannya semakin dirasakan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia. Mengingat peran PP-IPTEK yang signifikan dalam ranah pembudayaan iptek masyarakat, terutama usia dini dan pelajar

Direktur Direktur PP-IPTEK M. Syachrial Annas menerangkan, _Science Studio_ merupakan kegiatan kreativitas iptek anak-anak Indonesia yang diselenggarakan oleh PP-IPTEK sebagai wahana pembudayaan iptek masyarakat dalam upaya memelihara semangat dan meningkatkan gairah generasi muda Indonesia dalam berkreasi dan berinovasi sejak dini.

“_Science Studio_ 2020 yang diselenggarakan oleh PP-IPTEK mengajak generasi muda khususnya pelajar untuk berperan aktif dalam mengkampanyekan isu-isu global melalui kreativitas dan inovasi menuju sumber daya manusia unggul dan mendukung kemajuan iptek di Indonesia,” jelas Direktur PP-IPTEK M. Syachrial Annas.

_Science Studio_ digelar oleh PP-IPTEK bekolaborasi bersama 8 Science Center Daerah (SCD) di 9 provinsi, yaitu : DKI Jakarta; Jawa Tengah; Jawa Timur; Riau; Sumatera Barat; Kalimantan Barat; Sulawesi Selatan; dan Nusa Tenggara Timur (NTT). _Science Studio_ dilaksanakan secara daring sejak Mei – Agustus 2020, dengan keseluruhan jumlah peserta sebanyak 1.054 orang. _Science Studio_ mengusung dua kegiatan, yakni Lomba _Doodle Art Science Contest_ bagi siswa SD kelas 4-6 dengan tema “_Me vs Covid-19_” dan Lomba _Photography Contest_ bagi siswa SMP kelas 1-3 dengan tema “ _Science Behind Food and Beverages_”.

Kepada para pemenang lomba PP-IPTEK memeberikan piala, uang tunai dan piagam penghargaan kepada masing masing pemenang. Ke-6 pemenang yang menerima piala secara langsung dari Menristek/Kepala BRIN Bambang PS Brodjonegoro.