Muslimat Sidoarjo Condong Dukung Paslon PKB, Daripada Tangan Kanan Khofifah

Mus • Tuesday, 13 Oct 2020 - 11:26 WIB

Sidoarjo - Perebutan suara Muslimat di Sidoarjo sangat sengit. Hal ini tidak lepas dari para paslon yang bertarung, berkaitan erat dengan organisasi keumatan yang dipimpin oleh Khofifah Indar Parawansa.

Ada 2 paslon yang saat ini berebut suara Muslimat. Paslon Kelana - Dwi Astuti yang diusung oleh PDIP dan PAN bersaing dengan Paslon PKB, Muhdlor Ali - Subandi. Dwi Astuti sendiri merupakan orang dekat Khofifah Indar Parawansa yang saat ini menduduki jabatan sebagai Ketua Umum PP Muslimat dan juga Gubernur Jawa Timur. Sementara Muhdlor Ali adalah putera dari Kyai Agoes Ali Masyhuri yang merupakan kyai berpengaruh dan kharismatik di Jawa Timur.

Keduanya mempunyai keterikatan dan keterdekatan dengan suara muslimat di Kabupaten Sidoarjo. Namun demikian Muhdlor Ali - Subandi lebih berpeluang untuk meraup suara Muslimat Sidoarjo.

Fatma Assegaf, Penasihat Muslimat Sidoarjo menyatakan, dalam pilkada Sidoarjo pihaknya menyarankan suara muslimat diberikan untuk paslon yang diusung PKB, karena pasangan Gus Muhdlor - Subandi dinilai sebagai warga asli Sidoarjo dan NU sejati. Sehingga sangat mengerti akan semua hal yang ada di Sidoarjo, termasuk keberadaan para jamaah muslimat.

"Saya menyarankan agar Muslimat Sidoarjo memberikan suara ke Gus Muhdlor. Selain asli Sidoarjo, mereka juga NU tulen sehingga paham apa yang dibutuhkan oleh warga Sidoarjo, termasuk muslimatnya," ujar mantan Ketua Muslimat Sidoarjo tersebut.

Fatma Assegaf juga menambahkan bahwa dukungan terhadap Gus Muhdlor - Subandi akan menjadi bukti kesolidan keluarga besar Nadhatul Ulama Sidoarjo. Mereka akan satu suara untuk calon yang diusung PKB tersebut.

"Dengan mendukung Gus Muhdlor - Subandi maka suara Muslimat dan NU akan wungkul, utuh dan insyaallah menjadikan Sidoarjo tetap hijau," pungkas Fatma.

Sebelumnya, Dwi Astuti yang berpasangan dengan Kelana Aprilianto diusung oleh PDIP dan PAN, mengklaim telah mendapatkan restu dan dukungan Khofifah Indar Parawansa, Ketua Umum Muslimat NU. Dwi mengaku telah mendapatkan arahan Khofifah untuk bergerak mengkonsolidasikan dukungan Muslimat di akar rumput.

"Seperti arahan beliau (Khofifah) saya diminta terus bergerak untuk mendapatkan dukungan Muslimat ditingkat akar rumput," ujar Dwi Astuti yang sempat dikabarkan masih berhubungan saudara dengan Khofifah. (Her)