Ini Penilaian Mahasiswa dan Milenial Terkait Kinerja Kemensos di Tengah Pandemi Covid-19

ANP • Thursday, 15 Oct 2020 - 14:42 WIB

Jakarta - Kementerian Sosial menjadi kementerian dengan penyerapan tertinggi di antara kementerian atau lembaga lain. Sebagai kementerian dengan pagu terbesar, Kemensos berhasil merealisasikan penyerapan anggaran tertinggi, yakni sebesar 81,23 persen, per 10 Oktober 2020.

Kinerja  ini mendapat penilaian tersendiri  dari koordinator Aliansi Mahasiswa dan Milenial untuk Indonesia (AMMI) Nurkhasanah, menurutnya Mensos Juliari  P Batubara sebagai nakhkoda Kemensos berhasil  implementasi  arahan-arahan Presiden Jokowi secara baik, dan harus diacungi  jempol serta diberikan apresiasi .

“Kerjas keras Mensos Juliari serta jajaran birokrasinys  membuahkan kinerja yang keren banget, kami bangga dan bersyukur kementerian sosial di pegang orang yang sangat tepat seperti sekarang,” ungkap Nurkhasanah.

Menurut Nurkhasanah rakyat merasa sangat tertolong dengan adanya program-program bantuan yang diberikan pemerintah melalui Kemensos seperti Bantuan Sosial Beras (BSB), sebagai contoh  untuk Kota Surabaya, baru  diluncurkan Menteri Sosial (Mensos), Juliari P. Batubara bersama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, pekan lalu. BSB menjangkau 10 juta KPM program Keluarga Harapan (PKH).

Lebih jauh, Nurkhasanah menjelaskan masyarakat secara nyata merasakan kehadiran negara melalui Kemensos sejak pertama kali program-program nya dilaksanakan pada awal kehadiran Covid-19.
“Kami juga melihat Kemensos dan jajarannya mampu bersinergi dengan mitra kerjanya di DPR RI khususnya Komisi II lanjut Nur. “ Kita dapat melihat luas pemberitaan apresiasi dari para anggota DPR mitra kerja Kemensos terhadap kinerja Kemensos , DPR yang biasanya galak dan kritis terhadap mitra kerja pemerintah nya , namun terhadap Kemensos DPR terlihat obyektif dalam lakukan penilaian pungkas Nurkhasanah.
“Negara benar-benar dirasakan  hadir saat negeri ini dilanda pandemi Covid-19 yang entah kapan akan selesai, masyarakat tetap mendapatkan haknya berupa kesejahteraan hidup sehingga tetap dapat bertahan walapun adanya tekanan sosial,” ujar Nurkhasanah.

Sebelumnya, Mensos Juliari P Batubara menegaskan bahwa pencapaian kinerja  Kemensos tak lain berkat kerja keras dan dedikasi seluruh jajaran Kemensos, baik dalam hal penyaluran bansos maupun percepatan penyerapan anggaran.

“Meski banyak revisi anggaran dan kami pun diberi tugas-tugas baru oleh presiden, kami bersyukur dapat menjalankan semua itu dengan baik," tuturnya.

Juliari berpesan kepada seluruh jajaran untuk selalu bekerja dengan sepenuh hati dan berorientasi pada kemanusiaan.

“Untuk selalu bekerja bersungguh-sungguh, karena di luar sana begitu banyak masyarakat yang masih membutuhkan bantuan kita,” katanya. (ANP)