Pertemuan Menhan AS-RI, Sepakati Penguatan Kerja Sama Militer dan Keamanan Maritim

Mus • Monday, 19 Oct 2020 - 13:38 WIB

Washington DC - Menteri Pertahanan AS, Mark T. Esper bertemu dengan Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto di Pentagon, Jumat (16/10), untuk membahas keamanan kawasan, prioritas pertahanan bilateral, dan pengadaan dalam bidang pertahanan. Dalam pertemuan itu Menhan Esper menyampaikan pentingnya menegakkan hak asasi manusia, supremasi hukum, dan profesionalisme saat kedua negara memperluas hubungan.

Sementara Prabowo Subianto mengungkapkan pentingnya kerja sama militer di semua tingkatan, dan menyampaikan penghargaannya atas dukungan Amerika Serikat dalam modernisasi pertahanan Indonesia.

Kedua pemimpin sama-sama berkeinginan untuk meningkatkan kerja sama militer dan keamanan maritim. Menhan Esper dan Menhan Prabowo menandatangani Memorandum of Intent untuk memajukan upaya lembaga Defense Prisoner of War/Missing in Action Accounting Agency untuk memulai kembali kegiatan mereka di Indonesia menemukan sisa-sisa jasad prajurit AS yang hilang di Indonesia selama Perang Dunia II.

Kedua pemimpin juga menyampaikan rasa simpatinya kepada orang-orang yang terdampak COVID-19 di Amerika Serikat dan Indonesia. (Mar)