Ini Link Buka Rekeningnya! Dengan MNC Trade Syariah, Investasi Saham Barokah Dunia Akhirat

Mus • Tuesday, 20 Oct 2020 - 07:02 WIB

Jakarta – Indonesia merupakan salah satu negara dengan populasi muslim terbesar di seluruh dunia. Tidak tanggung-tanggung, dengan perkiraan jumlah umat muslim yang mencapai lebih dari 200 juta orang, potensi perkembangan investasi berbasis syariah di Indonesia sangat besar. 

Bagi umat Muslim, investasi yang halal dan sesuai prinsip-prinsip dalam Islam perlu dicermati. Sama halnya dengan produk makanan yang bisa dicek ke-halal-annya melalui label ‘halal’, produk investasi syariah juga bisa dicek ke-halal-annya berdasarkan sertifikat dari DSN MUI.

Sharia Business Development MNC Sekuritas Sutrisna Amijaya mengungkapkan investasi saham juga ada yang berdasarkan prinsip syariah. MNC Sekuritas sendiri memiliki sistem online trading saham dengan sertifikat dari DSN MUI untuk memfasilitasi transaksi saham syariah. Dengan aplikasi MNC Trade Syariah, investor dipastikan hanya dapat bertransaksi saham yang masuk dalam Daftar Efek Syariah (DES) sesuai ketetapan Otoritas Jasa Keuangan. 

Dalam daftar efek yang direview setiap enam bulan sekali, terdapat daftar saham-saham syariah yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah. Artinya, emiten jasa keuangan konvensional, menjual minuman keras, atau memproduksi rokok sudah pasti tidak masuk dalam DES. 

“Salah satu pembeda signifikan antara transaksi saham secara syariah dan konvensional adalah pembelian saham syariah harus dilakukan secara tunai sehingga tidak diperkenankan untuk menggunakan dana pinjaman (limit & margin trading). Singkatnya, investor tidak diperbolehkan untuk berhutang dalam membeli saham syariah karena akan muncul riba jahiliyah (bunga pinjaman) jika tidak mampu dilunasi saat jatuh tempo. Sistem MNC Trade Syariah sudah diatur sedemikian rupa untuk memastikan pembelian saham hanya dapat dilakukan atas ketersediaan dana dalam Rekening Dana Nasabah (cash basis),” jelas Sutrisna.

Investor tak perlu khawatir, lanjut Sutrisna, karena investasi saham bisa juga barokah di dunia dan akhirat jika dijalankan dengan prinsip syariah. Dengan MNC Trade Syariah, investor tidak dapat melakukan transaksi penjualan saham yang bukan miliknya (short selling). 

Aplikasi akan secara otomatis hanya menerima penjualan saham yang sudah ada di portofolio investor, dan menolak transaksi penjualan saham yang belum dimiliki oleh investor.

Selain berinvestasi saham untuk mendapatkan rezeki, investor saham syariah di MNC Sekuritas juga dapat memberikan wakaf, infak, dan zakat saham secara online melalui Menu Filantropi yang ada di aplikasi MNC Trade Syariah, sehingga dapat berbuat kebaikan untuk pihak-pihak yang membutuhkan. 

Dalam menyalurkannya, MNC Sekuritas telah bekerja sama dengan Badan Wakaf Indonesia (BWI) dan Rumah Zakat Indonesia loh! Tertarik berinvestasi saham syariah? Buka rekening sahamnya di sini: https://www.mncsekuritas.id/opening_account/sales/G2/D43