Tingkatkan Kualitas, UNJ Perbanyak Publikasi Karya Ilmiah

AKM • Friday, 23 Oct 2020 - 06:13 WIB

Jakarta - Keberhasilaan sebuah perguruan tinggi dapat dilihat sebeerapa besar dan banyak karya yang dihasilkan. Salah satunya adalah publikasi hasil karya dalam bentuk publikasi Karya ilmiah demgan  skala internasional.

Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Komarudin mengatakan, UNJ terus mendorong peningkatan jumlah publikasi ilmiah internasional di jurnal terindeks Scopus. Pasalnya, UNJ memiliki target untuk menjadi kampus bereputasi tingkat Asia.

“Kami berkomitmen meningkatkan kualitas menuju reputasi di Asia. Saat ini, sejumlah capaian ilmiah terus meningkat seperti publikasi internasional terindeks Scopus di lingkungan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan atau LPTK yang telah mencapai 1.500 artikel,” ujar Komarudin dalam acara media gathering dengan Forum Wartawan Pendidikan dan Kebudayaan (Fortadik) di kampus UNJ Jakarta, Kamis (22/10/2020).

Menurut Komarudin dengan capaian 1.500 artikel Scopus per 4 Oktober 2020, UNJ menduduki peringkat empat pada klaster perguruan tinggi LPTK.

“ Di peringkat pertama terdapat Universitas Negeri Malang (UNM) dengan 2.542 artikel. Di peringkat kedua terdapat Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dengan 1.902 artikel. Sementara di peringkat ketiga terdapat Universitas Negeri Semarang (Unnes) dengan 1.563 artikel,” ungkapnya.

Komarudin juga menuturkan, capaian UNJ lainnya adalah perolehan Hak Kekayaan Intelektual (HKI ) sebanyak 1.733 dari Science and Technology Index (SINTA) Kementerian Riset dan Teknologi/ Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN).

“ Capaian HKI dari SINTA Kemristek BRIN ini menempatkan UNJ pada peringkat keempat nasional di bawah Universitas Indonesia (UI) sebanyak 3.122 HKI, Universitas Brawijaya (UB) 2.612 HKI, dan Universitas Gadjah Mada (UGM) sebanyak 2.593 HKI,” tambahnya.(AKM)