ASTRA Tol Cipali Lakukan Upaya Engineering untuk Keamanan Berkendara

FAZ • Friday, 23 Oct 2020 - 13:28 WIB

Subang – ASTRA Infra Toll Road Cikopo Palimanan selaku pengelola tol Cikopo di Kabupaten Subang hingga Palimanan di Kabupaten Cirebon yang terbentang sepanjang 116,75 KM, sejak 2019 telah melakukan pemasangan wire rope (sling baja) sebagai upaya engineering yang memberikan keamanan bagi pengendara yang melintas di tol Cipali.

Tali baja ini diklaim mampu menahan beban kendaraan hingga 80 ton dan berfungsi sebagai pembatas jalan. Hingga Oktober 2020, wire rope yang telah terpasang yakni sepanjang 44 KM, sementara on progress sepanjang 30 KM diharapkan akan selesai pada akhir tahun ini. Sisanya yaitu sepanjang 35 KM diperkirakan selesai sebelum Lebaran 2021.

ASTRA Tol Cipali menargetkan hingga akhir tahun 2021 terpasang pagar pengaman yang terdiri dari wire rope sepanjang 109 KM, sedangnkan sisanya 7 KM terdiri dari MCB atau Median Concrete Barrier dan parapet jembatan atau dinding jembatan.

Sebagai upaya edukasi pengendara, ASTRA Tol Cipali juga melakukan kampanye keselamatan berkendara kepada para pengguna jalan melalui media luar ruang seperti spanduk, variable message sign (VMS), dan videotron yang terpasang sepanjang Tol Cipali.

Media sosial pun dimaksimalkan ASTRA Tol Cipali sebagai media yang digunakan untuk terus memberikan informasi actual dan imbauan kepada para pengguna jalan agar selalu memperhatikan kondisi kendaraan dan juga kondisi fisik saat berkendara. Bagi pengendara agar selalu menjaga kecepatan pada batas minimal 60 KM/jam dan maksimal 100KM/jam agar senantiasa aman dalam berkendara di tol Cipali.

Sebagai upaya Enforcement, ASTRA Tol Cipali bekerjasama dengan Kementrian Perhubungan dan PJR Polda Jabar dalam penindakan operasi penertiban kendaraan over dimension dan overload yang dilakukan berkala setiap tiga bulan sekali. Sedangkan untuk penertiban kendaraan yang over speed atau melebihi batas kecepatan yang disarankan, operasi speed gun dilakukan setiap 2 bulan sekali.

Dengan penambahan fasilitas keselamatan ini, diharapkan para pengguna jalan dapat berkendara dengan tertib serta tetap memperhatikan peraturan yang berlaku sehingga dapat tercipta kelancaran, keamanan dan kenyamanan bagi pengemudi, penumpang dan pengendara lain dirinya sendiri dan orang lain.