Khabib Nurmagomedov Umumkan Pensiun Dari MMA Usai Kalahkan Justin Gaethje pada UFC 254

FAZ • Sunday, 25 Oct 2020 - 06:12 WIB

ABU DHABI - Khabib Nurmagomedov resmi mengumumkan pensiun dari Mixed Martial Arts (MMA) usai menaklukkan Justin Gaethje pada UFC 254 di Fight Island Abu Dhabi, Minggu (25/10/2020) dini hari WIB.

Pada pertarungan itu, Khabib sukses memaksa Gaethje menyerah pada ronde kedua. Kuncian Khabib yang sulit dilepaskan membuat sang lawan harus mengirim tanda menyerah.

Petarung asal Rusia itu langsung menangis di tengah ring octagon. Dia, kemudian langsung mengungkapkan kemenangan itu merupakan yang terakhir dalam karier profesionalnya.

Khabib mengaku kepergian sang ayah, Abdulmanap Nurmagomedov yang meninggal dunia pada 3 Juli 2020 lalu jadi penyebab. Rupanya sang ibu tak memberikan Khabib restu jika tak bersama ayahnya.

“Ini adalah pertarungan terakhir saya. Tidak mungkin saya kembali ke sini tanpa kehadiran ayah saya. Ketika UFC menghubungi mengenai pertarungan melawan Justin, saya butuh 3 hari untuk membujuk ibu saya,” kata Khabib dikutip dari BBC.

“Beliau tidak ingin saya bertarung tanpa ayah. Tetapi, saya berjanji jika pertarungan kali ini adalah yang terakhir. Saya sudah memberikan janji dan akan menepatinya,” ujarnya.

Ayah Khabib tutup usia setelah sempat dirawat di rumah sakit kawasan Moskow. Kepergian Abdulmanap meninggalkan duka mendalam di hati Khabib sehingga dia sempat memulihkan diri selama beberapa hari dan sempat mempengaruhi latihannya.

Dengan hasil ini, Khabib pensiun dengan rekor tak terkalahkan di 29 pertarungan MMA kelas ringan. 13 di antaranya diraih ketika berlaga di pertarungan UFC, yang kini bakal ditinggalkannya.