Libur Panjang, ASTRA Tol Cipali Tingkatkan Pelayanan

FAZ • Tuesday, 27 Oct 2020 - 15:44 WIB

Subang - PT Lintas Marga Sedaya atau ASTRA Infra Toll Road Cikopo-Palimanan (ASTRA Tol Cipali) memprediksi volume kendaraan pada libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW mengalami peningkatan. Dari data rata-rata harian selama 7 hari saja, volume kendaraan di Gerbang Tol Palimanan mencapai 47 ribu unit per hari atau naik sekitar 48% dari 31 ribu kendaraan.

Mengantisipasi melonjaknya mudik-balik pada libur panjang akhir bulan Oktober 2020 ini, managemen tol Cipali meningkatkan pelayanannya kepada pengguna jalan, baik pelayanan transaksi maupun kondisi jalan hingga pelayanan keamanan 24 jam. Pada layanan transaksi khususnya di Gerbang Tol Palimanan akan dioperasikan gardu exit dan entrance sebanyak 30 unit, serta disiapkan penambahan mobile reader sebanyak 15 unit.

Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali, Agung Prasetyo, memprediksi puncak mudik-balik di tol Cipali terjadi pada 28 Oktober dan 1 November 2020.

“Kami siap melayani pengguna jalan ASTRA Tol Cipali yang akan berlibur saat long weekend ini”, tambah Agung.

Sebagai persiapan yang bersifat situasional, ASTRA Tol Cipali pun telah menyiapkan manajemen lalu lintas sesuai situasi dan kondisi. Jika terjadi kepadatan lalu lintas di Ruas Tol Cipali, maka dimungkinkan dilakukan manajemen lalu lintas dengan koordinasi bersama Kepolisian melalui beberapa mekanisme seperti pemasangan MWB (Median Water Barrier) dan Rubber Conedi lokasi depan Tempat Istirahat & Pelayanan (TIP), bertujuan untuk mencegah kendaraan pengguna jalan parkir di bahu jalan sepanjang TIP yang dapat mengakibatkan kemacetan di jalur.

Kemungkinan pelaksanaan buka-tutup TIP apabila pengunjung TIP sudah melebihi kapasitas dan terjadi kemacetan pada akses masuk TIP.

Jika kapasitas di TIP overload, pengguna jalan disarankan keluar gerbang tol terdekat untuk beristirahat atau mengisi BBM dan selanjutnya masuk kembali ke Jalan Tol Cipali dengan tarif yang sama.

ASTRA Tol Cipali mengimbau kepada pengguna jalan untuk tetap menggunakan masker serta menjaga jarak minimal 1 meter saat sedang berada di public areaatau lokasi TIP yang tersebar di 8 titik di Ruas Tol Cipali. Tidak hanya itu, di setiap sudut TIP tersedia wastafel portable agar para pengguna jalan tetap dapat mencuci tangan.