Pidato Kemenangan, Biden Janji Persatukan Warga AS

Mus • Sunday, 8 Nov 2020 - 09:53 WIB

Jakarta - Joe Biden bicara soal persatuan dalam pidato kemenangannya di Pemilihan Presiden (Pilpres) Amerika Serikat (AS) 2020. Ia mengutarakan janji untuk menjadi presiden yang mempersatukan bangsa.

"Saya berjanji menjadi Presiden yang berupaya untuk tidak memecah belah, tetapi untuk mempersatukan. Siapa yang tidak melihat negara bagian Merah dan Biru, tapi Amerika Serikat," ujar Biden dalam pidatonya, Minggu (11/8/2020).

Baca juga: Rakyat AS Rayakan Kemenangan Biden 

Biden merujuk pada negara bagian yang condong mendukung Partai Demokrat sebagai negara bagian biru, sementara yang condong mendukung Partai Republik sebagai negara bagian merah.

Biden memastikan bahwa dirinya akan bekerja dengan sepenuh hati atas kepercayaan yang diberikan kepada dirinya. Menurut Biden, rakyat AS telah memberikan dirinya bersama Kamala Harris kemenangan. Namun, sejatinya kemenangan ini untuk rakyat AS.

"Saudara-saudara, orang-orang bangsa ini telah berbicara. Mereka telah memberi kami kemenangan yang jelas. Kemenangan yang meyakinkan. Kemenangan untuk "We the People"," tuturnya.

Dalam Pilpres AS 2020, Biden berhasil memenangkan Pilpres AS 2020 atas peroleh suara electoral votes 290, seperti dilansir dari Fox News. Sementara Donald Trump-Mike Pence hanya meraih 214 suara.

Untuk bisa memenangkan Pilpres, masing-masing calon harus mendapatkan 270 suara. Hal ini menandakan, Biden-Harris melaju ke Gedung Putih.