Tarif 4 Ruas Tol ini Bakal Naik Sebelum Akhir Tahun

MUS • Wednesday, 11 Nov 2020 - 09:41 WIB

Jakarta - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan rencana kenaikan beberapa ruas tol. Ada empat tol yang akan mengalami penyesuaian tarif.

Kepala Bagian Umum Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mahbullah Nurdin mengatakan, hingga akhir tahun nanti empat ruas tol akan mengalami penyesuaian tarif. Keempat jalan tol ini yakni, Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (Jakarta Outer Ring Road/JORR), Jalan Tol Waru-Juanda di Surabaya, Jalan Tol Palimanan-Kanci, dan Semarang ABC.

Adapun jalan tol lingkar luar Jakarta (JORR) dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero). Sementara jalan tol Waru-Juanda dikelola oleh PT Citra Margatama Surabaya (CMS).

Sementara untuk jalan tol Palimanan-Kanci dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Sementara untuk Jalan Tol Semarang ABC dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) juga.

“Yang akan penyesuaian tarif tol sampai dengan Desember. JORR, Waru-Juanda, Palikanci, dan Semarang ABC,” ujarnya, Rabu (11/11/2020).

Sementara sisanya lanjut Nurdin, akan mengalami penyesuaian tarif pada tahun depan. Di samping itu juga, ada beberapa ruas tol yang sudah lebih dahulu mengalami penyesuaian pada tahun ini.

“Yang lainnya sudah dan sebagian lainya di tahun depan,” ucapnya.

Menurut Nurdin, untuk melakukan penyesuaian tarif, BUJT dari jalan tol tersebht sudah mengajukan penyesuaian tarif. Di mana, penyesuaian dilakukan dengan menaikan tarif sekitar Rp1.000 per kilometer (km).

“Sudah (BUJT sudah mengajukan penyesuaian tarif). Naik sedikit tarifnya,” ucapnya.