Anggota DPRD DKI Lukmanul Hakim Minta Pemprov Pasang Wifi Gratis di Setiap RT

FAZ • Wednesday, 18 Nov 2020 - 21:27 WIB

Jakarta - Pandemi Covid-19 di Indonesia belum usai. Sejumlah aktivitas masyarakat pun masih terganggu. Salah satu yang terdampak adalah aktivitas belajar mengajar secara online oleh pemerintah.

Belajar secara online dari rumah pun ada banyak kendala, di antaranya akses internet yang susah bagi sebagian siswa. Belum lagi kebutuhan paket data internet membuat orangtua siswa terpaksa merogoh kantong lebih dalam demi anak.

Namun dalam pelaksanaan belajar online, sebagian siswa terkendala ketiadaan internet. Menyikapi masalah ini, Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PAN Lukmanul Hakim meminta Pemprov DKI Jakarta untuk memperluas pemasangan jaringan internet (wifi) gratis di seluruh wilayah DKI Jakarta.

Hakim yang juga Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta menilai bahwa akses internet gratis belum secara merata dirasakan oleh warga Jakarta.

"Masalah yang disampaikan para murid dan orang tua perihal kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang belum ramah karena akses internet yang belum merata," kata Hakim dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (18/11/2020).

Bahkan, Ia meminta agar Wi-Fi gratis dapat tersedia di setiap RT di Jakarta khususnya perumahan kumuh padat penduduk.

"Pemprov DKI harus menyediakan layanan Wi-Fi Gratis di setiap RT terutama di RW kumuh," tambahnya.

Sebagai informasi, Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD DKI Jakarta memasang WiFi atau jaringan internet gratis di 30 titik di Jakarta Selatan dan Jakarta Barat.

Pemasangan WiFi gratis digencarkan, untuk membantu siswa kurang mampu dalam belajar daring selama pandemi Covid-19.