Amartha Raih Penghargaan Women’s Empowerment Principles Awards 2020 dari PBB

ANP • Thursday, 19 Nov 2020 - 22:25 WIB

Jakarta - PT Amartha Mikro Fintek atau Amartha, pionir ​fintech peer to peer lending dengan fokus pada pembiayaan modal kerja dan pemberdayaan perempuan pengusaha mikro di desa, kembali meraih penghargaan Internasional. Amartha meraih penghargaan sebagai salah satu perusahaan yang mendorong kesetaraan gender dalam kegiatan bisnisnya melalui kategori ​Gender-Responsive Marketplace ​dari United Nations Women (UN Women) dalam penghargaan ​Women’s Empowerment Principles Awards 2​ 020.

Women’s Empowerment Principles (WEPs) adalah sebuah inisiatif gabungan dari UN Women dan UN Global Compact yang bertujuan mendukung perempuan untuk berpartisipasi penuh dalam kehidupan ekonomi dan mendorong langkah-langkah yang dapat dilakukan bisnis untuk memajukan kesetaraan gender di tempat kerja, tempat usaha dan komunitas. Hingga hari ini, lebih dari 3,800 perusahaan dari seluruh dunia.

telah menandatangani WEPs, termasuk lebih dari 40 perusahaan di Indonesia. Dalam penghargaan ini terdapat enam kategori yakni Kepemimpinan, Kepemimpinan Muda, Tempat Kerja yang Inklusif Gender, Tempat Usaha yang Responsif Gender, Pelibatan Komunitas dan Industri, serta Aksi COVID-19.

Aria Widyanto, Chief Risk and Sustainability Officer Amartha ​mengatakan “Kami bangga menerima penghargaan dari PBB (UN-Women), sebagai bisnis yang responsif terhadap gender. Di Amartha, 100% Mitra kami merupakan perempuan pengusaha mikro di pedesaan. Kami menyadari bahwa memberi kesempatan kepada perempuan untuk lebih sejahtera adalah sebuah lompatan untuk menciptakan kualitas pembangunan yang lebih adil dan berkelanjutan di Indonesia.”

Dalam kategori ​Gender-Responsive Marketplace​, Amartha melakukan inisiatif pemberdayaan untuk meningkatkan kesejahteraan lebih dari 560,000 perempuan melalui program #PerempuanTangguh bagi Mitra Amartha. Selain itu, Amartha secara aktif memberikan dukungan untuk meningkatkan kepemimpinan dan kemampuan kewirausahaan kepada Mitra serta perempuan di desa sehingga mereka dapat menjadi pendorong pemulihan ekonomi bagi keluarga serta masyarakat di sekitarnya.

Penghargaan Women’s Empowerment Principles (WEP) Awards 2020 yang pertama kali digelar ini diadakan secara virtual (18/11) dan dihadiri oleh Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan Republik Indonesia sebagai ​keynote speaker dan dibuka oleh Valerie Julliand, Koordinator Residen PBB Indonesia dan Vincent Piket, Duta Besar Uni Eropa Delegasi Indonesia dan Brunei Darussalam. (ANP)