Hari Guru Nasional, Lukmanul Hakim: Tantangan Guru Lebih Berat di Tengah Pandemi

FAZ • Wednesday, 25 Nov 2020 - 20:54 WIB

Jakarta - Hari Guru Nasional 2020 kali ini diperingati dalam situasi pandemi Covid-19. Para guru pun terus berjuang untuk tetap bisa memberikan pembelajaran di masa pandemi dengan berbagai cara.

Para guru di masa pandemi virus corona atau Covid-19 ini pun diminta untuk terus menunjukan kreativitas dan dedikasinya.

Apresiasi dari berbagai pihak datang untuk para guru, termasuk Anggota DPRD DKI Jakarta Lukmanul Hakim

Lukmanul Hakim dalam keterangan yang diunggah di akun Twitter pribadinya menyatakan pada tahun ini tantangan bagi para Guru tidak mudah.

Tantangan tersebut diantaranya kebutuhan akan metode baru dalam kegiatan belajar dan mengajar di tengah masyarakat.

"Tantangan Guru lebih berat pada masa Pandemi Covid19, sebab selain menyampaikan materi pembelajaran, juga harus menanamkan kemandirian kebiasaan untuk menjadi pembelajar mandiri, serta memastikan bahwa murid dapat memahami materi yang disampaikan," kata Hakim dalam Twitter pribadinya pada Rabu (25/11/2020).

"Kami ucapkan terimakasih untuk seluruh guru di tanah air. Hari Guru Tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena pandemi sedang melanda bumi ini, Perjuangan kalian sangat berarti untuk masa depan bangsa ini," pungkas Lukmanul Hakim.

Hari Guru Nasional diperingati bersama hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Hari Guru Nasional bukan hari libur resmi, dan dirayakan dalam bentuk upacara peringatan di sekolah-sekolah dan pemberian tanda jasa bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah.