Rianto Andika, Anak Kampung dari Melawi Kini Tembus Istana Negara

ANP • Thursday, 26 Nov 2020 - 14:28 WIB

JAKARTA - Rinto Andika, Putra asal Poring, dari Nanga Pinoh, Melawi, Kalimantan Barat, kini menjadi kebanggaan warga Melawi, Kalimantan Barat. Pasalnya, setelah melalui proses seleksi, wawancara, dan interview, dia terpilih menjadi salah satu dari Asisten Staf Khusus Presiden RI, Billy Mambrasar. Billy Mambrasar adalah salah satu dari 11 Staf Khusus Presiden RI, yang bekerja langsung memberikan masukan, nasihat, dan mendampingi Presiden RI, Joko Widodo. Dengan Posisi ini, sehari-harinya Rinto bekerja langsung di Kompleks Istana Negara, bersama dengan Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar.

Rinto lahir dari keluarga sederhana, di Kampung Poring, Pinoh, Melawi, Provinsi Kalimantan Barat. Anak ke empat dari 6 Bersaudara ini, menghabiskan masa sekolahnya di Melawi dari SD, hingga SMK. Ayahnya adalah seorang Pensiunan Guru, sementara Ibunya adalah seorang penoreh getah karet, yang tidak lelah memotivasi anak-anaknya untuk dapat menempuh pendidikan dengan baik, dan kemudian berkarya.

Tamat dari SMK N 1 Pinoh, mantan anchor MNC TV Pontianak ini kemudian melanjutkan Kuliahnya di Fakultas Hukum, di Universitas Panca Bhakti, Kota Pontianak, lulus dengan Nilai yang cukup tinggi. Sehari-harinya, memang Putra melawi ini aktif berkegiatan dan berkontribusi dalam berbagai kegiatan, dan perlombaan. Prestasi yang diraihnya, jangan ditanya lagi, mulai dari Bujang Dayak 2015, hingga beberapa perwakilan daerah utk berbagai kompetisi.

Dalam pekerjaannya sehari-hari memberikan dukungan kepada Staf Khusus Presiden RI, Rinto mendampingi kunjungan Kerja dari Sabang sampai Merauke. Pertemuan-pertemuan tersebut kemudian melahirkan rekomendasi kebijakan pembangunan, yang akan di sampaikan oleh Staf Khusus Presiden RI, langsung kepada orang nomor 1 negeri ini, atau ke Kementerian dan Lembaga yang terkait.

Dalam Rilis yang diterima dari tim media Staf Khusus Presiden RI, Billy Mambrasar, Rinto Di kabarkan telah berkontribusi dalam penyusunan masukan kebijakan dari aspirasi yang di terima masyarakat, dari Kunjungan ke 5 Provinsi di Indonesia, sejak dia bergabung beberapa bulan yang lalu.

Banyak warga Melawi secara Khusus, dan Kalimantan Barat secara umum kini berharap agar Rinto dapat menjadi penjembatan komunikasi antara Daerahnya, dengan kebutuhan di Pusat.

“Saya bangga bahwa keberagaman tim kami jadi lengkap dengan hadirnya Rinto Andika, seseorang yang sangat cerdas, dan kreatif. Ada beberapa program di Melawi, yang atas dorongan Rinto, akan kami kembangkan, seperti pertanian, dan pelibatan anak-anak milenial Melawi, untuk dapat ikut berprestasi dan berkontribusi hingga ranah Nasional”, Ujar Stafsus Presiden Billy Mambrasar, dalam rilis tersebut. (ANP)